Abu Vulkanik Sinabung Mengarah ke Aceh

Gunung Sinabung (Dok: Antaranews)

KBRN, Banda Aceh : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang Aceh Besar memperkirakan abu vulkanik gunung Sinabung yang terjadi erupsi pada Senin (10/8/2020) siang  mengarah ke provinsi Aceh. 

"Debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung Sumatera Utara juga terlihat/ terdeteksi bergerak barat dan barat laut. Bila dilihat dari pergerakan atau dengan memperhatikan pergerakan debu vulkanik ini maka BMKG_Aceh memperkirakan debu vulkanik berkemungkinan besar akan masuk ke wilayahan kita (Provinsi Aceh)," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Zakaria Ahmat, Senin (10/8/2020). 

Untuk itu, BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh Besar mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat Aceh yang berada di wilayah berdekatan dengan Sumatera Utara terkait erupsi gunung Sinabung.  

"Sehubungan telah terjadinya erupsi G Sinabung Sumatera Utara pada tgl 10 Agustus 2020 jam 11.17 wib yang dipantau BMKG Kuala Namu dengan ketinggian kolom abu teramati +_ 20 m diatas puncak (+_4.460 m di atas permukaan laut), maka masyarakat Aceh diminta waspada," imbaunya.  

Dia menjelaskan, wilayah-wilayah yang berpotensi terkena dampak abu vulkanik gunung Sinabung adalah di wilayah yang berbatasan dengan Sumatera Utara. 

"Wilayah- wilayah yang kemungkinan akan berdampak sebaran debu vulkanik antara lain, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya," jelasnya. 

Zakaria mengimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah yang berpotensi terkena dampak abu vulkanik untuk mengurangi aktivitas di luar rumah untuk mencegah terpapar abu. 

"Kepada mayarakat yang kemungkinan terpapar cemaran debu vulkanik tersebut supaya jangan banyak keluar rumah dan selalu memakai masker bila beraktivitas di luar ruangan," imbau Zakaria. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00