Tak Bermasker, Warga Situbondo akan Didenda Uang

Ilustrasi/ ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/hp

KBRN, Situbondo: Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto menyatakan, warga yang tidak menggunakan masker akan didenda uang dan mendapatkan sanksi sosial. Hal itu tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) yang baru saja diterbitkan.

"Penerapannya bagaimana, akan kita jabarkan di Perbup. Dari Perbup itu, Satpol PP bersama aparat penegak hukum yang akan melakukan penertiban," ujar Dadang Wigiarto dalam acara Gerakan Lima Ratus Ribu Masker di Pendopo, Jumat (7/8/2020).

Sebelum memberlakukan Perbup dan menjatuhkan sanksi. Pemerintah daerah bersama lintas sektoral akan melakukan sosialisasi secara masif tentang kewajiban bermasker dan sanksinya.

"Dalam rentang waktu yang cukup, kita akan melakukan sosialisasi bekerjasama dengan organisasi perempuan, terutama PKK," bebernya.

Kata Dadang, penggunaan masker sangat penting. Sebab dengan bermasker, penularan virus corona dapat dicegah hingga 60 persen. 

"Dari data yang ada, dengan bermasker, 60 persen sudah bisa memblokir terjadinya penularan," ucapnya.

Dadang mengemukakan, melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19, pemerintah daerah optimis mampu mendisiplinkan masyarakat dalam menggunakan masker.

"Inpres ini menjadikan pemerintah daerah lebih percaya diri untuk menerapkan disiplin pemakaian masker. Ada dua pokok yang kita temukan dalam inpres itu, yaitu denda dan sanksi sosial bagi yang tidak bermasker," ucapnya.

Pantauan RRI, usai acara Gerakan Lima Ratus Ribu Masker yang dilaksanakan secara serentak bersama Mendagri dan Ketua Umum TP PKK Pusat serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, melalui virtual, Bupati bersama Forkopimda membagikan 500 ribu masker kepada warga.

Pembagian dilakukan di beberapa titik, diantaranya di lampu merah, di kawasan Alun-Alun Kota Situbondo, Masjid Al-Abror, dan di beberapa tempat yang menjadi pusat berkumpulnya masyarakat, serta kepada beberapa komunitas.

"500 ribu masker ini, kita bagikan bukan untuk hari ini saja. Tapi ini akan berlangsung selama seminggu, dimulai hari ini," imbuh Bupati dua periode itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00