Ajudan Wagub Sumbar Terkonfirmasi Positif Covid-19

KBRN, Padang : Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit menyampaikan, satu orang ajudannya telah terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. 

Yang bersangkutan dinyatakan terpapar Covid-19, setelah menjalani Swab Test, pada Selasa 3 Agustus 2020 lalu. Diketahui dia masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Selasa kemarin, kita menjalani swab tes.  Hasilnya, satu orang ajudan saya terkonfirmasi positif Covid-19. Alhamdulillah, kondisinya sehat-sehat. Sekarang sedang menjalani protokol kesehatan, isolasi di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar dibawah pengawasan ketat tim medis. Kita doakan semoga yang bersangkutan cepat sembuh dan beraktifiats kembali,” kata Nasrul Abit, Rabu (5/8/2020).

Nasrul Abit menegaskan, sejak Pandemi Covid-19 mewabah di Sumbar, baik dirinya, keluarga, ajudan hingga orang-orang yang selalu berada dekat dengannya, rutin menjalani tes swab. Bahkan. Ini semua, dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran pendemi mematikan itu. Mengingat, aktifitas sebagai Wakil Gubernur, tentu saja selalu kerap berbaur dengan orang banyak dibeberapa kesempatan.

“Kalau saya dan orang-orang yang dekat dengan saya, selain terus menjaga imun tubuh, olah raga, juga kita rutin swab tes. Karena, banyak kasus yang ditemukan itu, mereka terpapar tapi tidak bergejala. Covid-19 ini, bukanlah aib, siapa saja bisa berpotensi tertular. Maka dari itu, protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan standar, wajib kita jalani saat ini,” ujarnya.

Atas kejadian ini, Nasrul abit mengaku sudah meminta kepada seluruh staf, ajudan dan keluarga, termasuk sejumlah personil Satpol PP yang berdinas dirumah dinasnya, untuk melakukan swab tes di rumah sakit.

"Mudah-mudahan hasilnya, dapat segera kita ketahui dengan cepat dengan harapan, hasilnya negatif semua. Meski nanti ternyata ada juga yang terkonfirmasi positif, maka kita akan ikuti prosedur penanganan Covid-19 sebagaimana mestinya," harapnya.

Mengingat potensi penyebaran yang saat ini masih cukup tinggi, bahkan di Sumbar sendiri angka pergerakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini sudah mencapai angka 1.007, Nasrul pun mengimbau masyarakat di Ranah Minang untuk tetap mentaati dan menjalani protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Jangan pernah anggap remeh Covid-19. Tetap disiplin menjalani protokol kesehatan. Terkait dengan ajudan saya, untuk kembali memastikan apakah ada ASN di lingkungan Pemrov Sumbar yang terpapar atau tidak, saat ini tim Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar sedang melakukan tracing masif,” ungkapnya.

Nasrul Abit kemudian mengaku berharap agar ke depannya tidak ada lagi orang yang terpapar Covid-19. 

"Sebagai pengingat untuk kita semua. Mari cegah penyebaran dengan standar protokol kesehatan yang ada. Mari, bersama kita lawan Covid-19 dengan cara itu. Semoga kita semua selalu dilindungi Allah SWT," serunya.

Terpisah, Ajudan Wagub Sumbar yang tidak disebutkan namanya mengaku dirinya menerima informasi terpapar Covid-19, dari Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Andani Eka Putra pada Selasa malam.

“Meski terpapar, berdasarkan keterangan dari dr Andani, kondisi saya sehat bahkan, mendekati kesembuhan. Diperkirakan, dalam kurun waktu lima hari kedepan, sudah bisa keluar dari dari BPSDM dan melanjutkan isolasi mandiri dirumah sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol penanganan Covid-19,” terangnya.

"Insya Allah kata dr Andani, saya mendekati kesembuhan. Lima hari kedepan, saya diperkirakan sudah boleh pulang. Tapi tetap harus menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol Covid-19. Saya harus tetap istirahat dan melanjutkan isolasi selama 14 hari," pungkasnya. (Foto : Humas Sumbar)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00