Sempat Ditutup, Empat Puskesmas Rujukan Kembali Dibuka

KBRN, Redelong: Empat Puskesmas yang sempat ditutup untuk memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Bener Meriah, Aceh kembali dibuka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Iswahyudi Haryono menjelaskan, Puskesmas yang kembali dibuka adalah Puskesmas Bandar, Puskesmas Pante Raya, Puskesmas Buntuk Kemumu dan Puskesmas Lampahan. 

“Sedangkan untuk  pelayanan gawat darurat dipusatkan di Puskesmas Bukit Simpang Tiga Redelong. Tenaganya nanti kita ambil dari puskesmas–puskesmas lain untuk memantu unit gawat darurat di puskesmas Simpang Tiga.” katanya kepada RRI, Senin (3/8/2020).

Perlu diketahui, pasca ditemukannya sejumlah tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Munyang Kuteyang terpapar covid-19. Pemerintah kabupaten Bener Meriah langsung menutup pelayanan di rumah sakit tersebut. Tidak hanya itu, sejumlah puskesmas di kabupaten tersebut juga ditutup untuk sementara kecuali pelayanan emergency.

Lebih lanjut dijelaskan Iswahyudi, RSUD Munyang Kute saat ini belum dibuka untuk pelayanan umum. Pasalnya fasilitas kesehatan itu masih difungsikan sebagai lokasi isolasi dan karantina bagi pasien Covid-19. 

Juru bicara percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah Riswandika Putra menjelaskan, penutupan pelayanan kesehatan di RSUD Munyang Kute itu untuk sterilisasi pasca adanya tenaga medis yang terkonfirmasi positif corona.

Riswandika kembali mengingatkan kepada seluruh eleman masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Begitupun bagi warga yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif covid-19 di daerah itu namun belum terdata dimintanya untuk segera melapor kepada petugas atau gugus tugas percepatan penanganan covid-19 setempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00