Puluhan Orang Terjaring Razia Masker

KBRN, Jakarta: Razia masker terus gencar dilakukan petugas gabungan dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jakarta Utara di masa Pembatasan Sosial Berkali Besar (PSBB) Transisi tahap 2 lanjutan.

Seperti razia masker yang dilakukan di Jalan Mangga Dua Raya, Pademangan,  Jakarta Utara, Senin (3/8/2020).

Pengendara baik roda dua dan empat yang tak mengenakan masker diberhentikan. Mereka diberikan sosialisasi dan pembinaan serta didata petugas.

Razia ini dilakukan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker di wilayah Jakarta Utara. Selain itu, meningkatkannya kembali jumlah warga yang positif Covid-19 di Ibu Kota Jakarta. 

“Kegiatan razia ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk tetap memakai masker jika berkegiatan di luar rumah,” kata Kasat Pol PP Kelurahan Ancol, A Moechtar di Mangga Dua, Pademangan,  Jakarta Utara, Senin (3/8/2020).

Moechtar mengakui masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker. Karena itu sosialisasi dan razia masker digencarkan.Setiap pagi maupun sore, razia PSBB rutin digelar di lokasi dan pada hari ini, 40 orang terjaring akibat tak mengenakan masker.

"Kita memang rutin menggelar razia PSBB dan hari ini ada 40 orang yang terjaring. Rata-rata karena enggak pakai masker. Jadi mereka sebenarnya bawa tapi enggak dipakai. Makanya tadi kita berhentikan," jelasnya. 

Selanjutnya ke-40 orang diberikan pilihan. Sebanyak diantaranya memilih melakukan sanksi sosial dengan membersihkan sekitaran lokasi. Sementara sisanya memilih untuk dikenakan sanksi administratif dengan membayar denda sebesar Rp 250 ribu.

Sementara itu salah seorang pengguna jalan Maulana (16) harus diberhentikan lantaran tidak menggunakan masker.  Ia pun lebih memilih sanksi sosial dibandingkan sanksi administratif. 

"Masih kurang tau ada razia masker. Saya tidak bawa masker. Saya milih nyapu jalan aja dari pada bayar denda," ungkap Maulana. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00