Pabrik Udang, Klaster Baru COVID-19 di Situbondo

Karyawan PT PMMP Situbondo saat melakukan tes swab di halaman belakang pabrik. (Foto Diana Arista)

KBRN, Bondowoso : Karyawan PT Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) di Kabupaten Situbondo, pabrik yang bergerak di bidang pengolahan udang, menjadi klaster baru penularan virus corona (COVID-19).

Tercatat, sebanyak 56 karyawan asal Kabupaten Bondowoso yang bekerja di pabrik, di Desa Landangan Kecamatan Kapongan Situbondo tersebut, terkonfirmasi positif COVID-19.

"Jumlah ini akan terus bergerak, karena dari 439 orang yang sudah menjalani tes swab atau tes usap, baru 91 orang yang hasilnya sudah turun, 56 orang diantaranya dinyatakan positif virus corona," ujar Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Bondowoso, Mohammad Imron, Minggu (2/8/2020).

Saat ini, puluhan karyawan pabrik pengolahan udang yang positif COVID-19 tersebut sudah menjalani karantina di Klinik Jantung Paru Bondowoso. Selain itu tim tracing juga terus melakukan pelacakan guna memperkecil potensi penularan COVID-19 di Bondowoso.

"Kami akan terus melakukan tes rapid sekaligus swab pada para karyawan, juga terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat dengan terkonfirmasi positif," bebernya.

Data yang dihimpun RRI, PT PMMP mempekerjakan ribuan karyawan yang berasal dari Kabupaten Situbondo dan Bondowoso. Data terbaru, tercatat ada sekitar 1.941 warga Bondowoso yang berkerja di pabrik tersebut, dan sebanyak 3.800 orang merupakan warga Situbondo.

Pada Senin, 27 Juli 2020, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang sekaligus Bupati Situbondo, Dadan Wigiarto, melakukan tes swab atau tes usap kepada 137 karyawan PT PMMP. 

Namun hingga berita ini diturunkan, hasilnya belum dirilis oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Situbondo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00