Seorang Dosen Unimal Positif Covid-19

KBRN, Lhokseumawe : Seorang dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara dilaporkan positif terinfeksi Corona Virus Disease (Covid-19) berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 di Sigli, Kabupaten Pidie.

“Iya benar, awalnya dia sakit saat berada di Sigli karena ada gejala sakit paru-paru. Tim Covid-19 kemudian melakukan tes swab dan hasilnya positif. Dia tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah, bisa jadi karena transmisi lokal saja,” kata Kepala UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Universitas Malikussaleh, Teuku Kemal Fasya, kepada RRI, Rabu (15/7/2020).

Lanjut Kemal, aktifitas di Unimal hari ini terhenti dan kemungkinan juga besok akan sama, khususnya di Kampus Buket Indah dan Lancang Garam. Namun untuk kampus di Reuleut dan Uteunkot, aktifitas akan berlangsung seperti biasa.

“Besok Unimal juga akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan Kampus Buket Indah dan Lancang Garam. Setelah itu akan kembali normal seperti semula aktifitasnya,” ujar Kemal.

Upaya lain yang dilakukan kampus, yakni orang-orang yang pernah bersentuhan langsung dengan dosen tersebut juga akan diminta untuk melakukan tes swab.

Sementara itu, dari pesan WhatsApp yang diperoleh RRI dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Pidie, seorang pasien positif berinisial JA (43) beralamat di salah satu gampong di Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, juga dirawat di RSU Tgk Chik Di Tiro Sigli.

Sebelumnya pada hari Sabtu 11 Juli 2020, anggota Satgas Covid-19 Pidie melaksanakan penjemputan pasien reaktif Corona hasil rapid test yang dilakukan RSU Citra Husada. Berdasarkan informasi dari keluarga yang bersangkutan, pasien pulang kampung ke rumah orang tuanya di Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, untuk berobat karena mengeluh sakit perut dan memiliki riwayat sakit maag.

Pada saat dilakukan Rapid Test di RSU Citra Husada, hasilnya reaktif Corona. Kemudian dari pihak RSU menghubungi Satgas Covid-19 untuk dirujuk dan yang bersangkutan diisolasi ke RSUD Chik Ditiro, Pidie.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Lhokseumawe, dr Amrullah kepada RRI menuturkan, beberapa kasus positif Covid-19 di Aceh tidak ada riwayat bepergian dari luar daerah.

"Hal ini sebagai bukti bahwa sudah mulai terjadi penularan lokal atau transmisi lokal. Karena itu, masyarakat diminta selalu mematuhi protokol kesehatan," pungkas dr Amrullah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00