Dua Hari, Pedagang Sekitar Apartemen Swab Test

Suasana swab test para pedagang di Pasar sekitar apartemen Spring Hill Suites, Pademangan Timur, Jakarta (RRI/Ryan)

KBRN, Jakarta: Kelurahan Pademangan Timur menggelar swab test untuk pedagang di sekitar apartemen Spring Hill Suites, Rabu (15/7/2020).

Kegiatan ini dilakukan untuk melacak penyebaran COVID-19.

Lurah Pademangan Timur, Bambang Mulyanto mengatakan kegiatan yang dilakukan ini bukan untuk penghuni apartemen.

"Melainkan untuk para pedagang yang berjualan di sekitar apartemen Spring Hill Suites," kata Bambang, saat dikonfirmasi, Rabu (15/7/2020). 

Bambang menuturkan, kalau pihaknya dan Puskesmas Kecamatan Pademangan memang sengaja melakukan hal tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayahnya. 

"Khususnya untuk para pedagang. Hal tersebut dilakukan karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini sedang melakukan pencegahan munculnya klaster baru di tempat-tempat keramaian seperti pasar," tutur Bambang. 

Warga apartemen dan pedagang pasar di sekitarnya jalani swab test massal, Rabu, 15 Juli 2020 (RRI/Ryan)

Bambang juga akan melakukan koordinasi dengan pengelola apartemen agar melakukan swab test massal bagi penghuni apartemen. 

"Selain terus mengimbau agar pengelola memberikan fasilitas kesehatan Covid-19 yang baik dan sesuai aturan, untuk penghuni kita juga terus mensosialisasikan gaya hidup 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak)," tuturnya.

Sementara Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan Dr. Octoviana Carolina mengatakan, kegiatan akan dilakukan selama dua hari.

"Hari ini dan Kamis (16/7) besok. Setiap harinya kami memberikan target swab test untuk 100 orang pedagang. Untuk hari ini sebanyak 67 orang sudah mengikuti swab test. Selain pendataan data pribadi, kami juga melakukan pendataan dengan menggunakan form PE (Penyelidikan Epidemiologi) sebagai data Active Finding Case (ACF) sesuai dengan arahan Gubernur," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00