RSUD Supiori Rawat Dua Pasien Covid-19

KBRN, Biak: Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Supiori mencatat hingga tanggal 10 Juli 2020, terdapat dua pasien terkonfirmasi positif Covid yang tengah dirawat di ruang isolasi RSUD Supiori.

Kedua pasien tersebut adalah OAP yaitu anak berusia 12 tahun dan usia 25 tahun.

"Pasien anak usia 12 tahun merupakan penumpang kapal Sabuk Nusantara dari Jayapura dan dari hasil pemeriksaan RDT reaktif kemudian Swab dari Litbangkes Jayapura dinyatakan positif,selanjutnya mendapat perawatan di RSUD Supiori sejak tanggal 2 Juli 2020," ungkap Sulianti Sitohang saat dihubungi RRI, Sabtu (11/7/2020).

"Sementara pasien berusia 25 tahun yang dinyatakan positif setelah pemeriksaan hasil Swab dari Litbangkes Jayapura tanggal 9 Juli 2020 merupakan transmisi lokal karena tidak memiliki riwayat bepergian keluar Supiori," tambahnya.

Sulianti menjelaskan kondisi terkini kedua pasien terpantau stabil setelah dilakukan perawatan.

"Kondisi kesehatan kedua pasien tersebut stabil, tidak memiliki penyakit bawaan yang berat dan hingga saat ini dalam penanganan medis," ujar Sulianti.

Sulianti menambahkan pihaknya telah melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT)  sebanyak 2.011 sampel dan 51 diantaranya reaktif dan dilanjutkan pemeriksaan Swab yang dikirim ke Litbangkesda Jayapura dengan hasil 2 terkonfirmasi positif Covid-19.

Terkait mesin tes cepat molekuler (TCM) bantuan Dinas Kesehatan Provinsi Papua yang telah ada di RSUD Supiori ditargetkan bulan ini dapat dioperasikan.

"Sebelum adanya pandemi Covid,RSUD Supiori telah memiliki mesin TCM yang digunakan untuk pemeriksaan TB MDR dan cartridge dari TCM tersebut  jika diganti dapat digunakan untuk pemeriiksaan Covid-19, namun kita masih menunggu teknisi dari Provinsi untuk  pengoperasian alat terebut," kata Sulianti. 

Mewakili Ketua Gugus Tugas, Sulianti mengajak seluruh komponen masyarakat di Supiori untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di masa tatanan kehidupan baru saat beraktifitas..

Kabupaten Supiori salah satu dari 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Papua yang memiliki kasus Covid-19 dengan jumlah akumulatif 4 kasus dan 2 diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00