Klaster Baru Covid Cimahi, Koordinasi Terus Dilakukan

Walikota Cimahi Ajay Mu.Priatna menjelaskan hasil Swab Test PCR di Pusdikpom (Foto:Amelia Hastuti/RRI)

KBRN, Cimahi: Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) TNI AD di Baros, menjadi kluster baru penyebaran wabah Covid-19 di Kota Cimahi. Hasil swab test PCR dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Pandemi Covid-19 Kota Cimahi dan RS.

Dustira Cimahi, Kamis (2/6/2020) di Pusdikpom Baros, telah dialkukan tes tersebut berjumlah 200 orang, tapi hasil pastinya belum diketahui. Namun, beredar informasi menyebutkan bahwa hasil swab test tersebut menunjukkan 90 orang positif Covid-19.

"Dengan adanya hasil positif tersebut kami dari Gugus Tugas Penanganan Pandemi Covid-19 langsung melakukan koordinasi dengan komandan Pusdikpom TNI AD. Kolonel CPM Agus menunjukkan langkah penanganan selanjutnya dan melakukan tracking terhadap masyarakat di sekeliling Pusdikpom. Bahkan, sampai pagi tadi masih dilakukan swab test," kata Ajay di rumahnya, Jalan Karya Bhakti Kota Cimahi, Jumat (10/7/2020).

Petugas sebut Ajay, masih menelusuri dan menggali sumber penularan dan dari mana asalnya. Supaya, kata dia, dapat dilakukan upaya penekanan tidak menyebar lebih luas lagi.

"Di Kota Cimahi ada 13 pusat pendidikan militer TNI Darat. Kami kawatir adanya penularan Covid-19, dan melakukan koordinasi dengan para pimpinan pusdik. Salah satunya adalah Pusdikpom dan hasilnya terkonfirmasi positif 87 orang. Sekarang masih terus dilakukan, mudah-mudahan tidak ada lagi," ujar dia.

Walikota Cimahi Ajay Muhammad Priatna ketika dikonfirmasi wartawan, Jum'at (10/7/2020) membenarkan, berdasarkan hasil swab test PCR yang dilakukan terhadap 200 personil di Pusdikpom Baros.

"Terkonfirmasi positif sebanyak 87 orang. Mereka pada umumnya Orang Tanpa Gejala (OTG) dan tdak ada keluhan sakit dan terlihat sehat sehat saja. Ada beberapa orang yang sudah dirawat di RS TNI Dustira Cimahi, dan sebagian besar dilakukan isolasi mandiri di Pusdikpom," ujar dia.

Oleh sebab itu Ajay tidak bosan bosannya mengingatkan kepada masyarakat Cimahi.

"Supaya mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di manapun berada. Cuci tangan pake sabun, gunakan masker, hindari keramaian dan tetap dirumah kalau tidak ada keperluan keluar rumah. Adaptasi Kebiasaan Baru jangan membuat lalai dan lengah karena bahaya Covid-19 masih terus mengintai," kata dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00