Datangi Madiun, Panglima dan Kapolri Sasar Ponpes

KBRN, Madiun: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Madiun, Jumat (10/7/2020).

Sasaran utamanya mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Subulul Huda, Kembangsawit, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun.

"Kunjungan bersama Kapolri kali ini ingin melihat langsung penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah disiapkan oleh pihak pesantren. Termasuk juga memastikan kesiapan ponpes menghadapi era tatanan kehidupan baru (new normal) di masa pandemi," kata Hadi sela kunjungan.

Apalagi di Jatim, Lanjut Hadi, telah dicanangkan sejumlah kegiatan penanganan Covid-19, mulai dari Kampung Tangguh Semeru yang kini telah diaplikasikan dalam segala lini kehidupan. Kemudian mall dan pasar tangguh, industri tangguh, stasiun tangguh, hingga ponpes tangguh.

“Di Jawa Timur ini kan sudah pada zona kuning menuju hijau dan TNI/Polri sudah diterjunkan sejak awal untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan yang sampai sekarang terus dilaksanakan. Saya dengan pak Kapolri hanya ingin melihat secara langsung kebawah terutama di pondok pesantren,” imbuhnya. 

Hadi menyatakan, setelah meninjau langsung di Ponpes Subulu Huda, seluruh santri telah menerapkan protokol kesehatan. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan paling tidak lima kali dalam sehari. Karenanya, melalui kemantapan tersebut, kedepan dapat mengedukasi para santriwan dan santriwati lainnya.

Disisi lain, Hadi meminta, pihak Ponpes turut mengedukasi masyarakat di sekitar lingkungan pondok untuk menerapkan langkah yang sama. Jika hal itu diterapkan oleh semua daerah, ia meyakini, laju penyebaran covid-19 dapat ditekan.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga menyerahkan bantuan masker kepada masyarakat agar mereka mengikuti apa yang sudah dilaksanakan di pesantren.

Untuk diketahui, dalam kunker tersebut Panglima TNI dan Kapolri juga didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol. M Fadil Imran, Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, serta Forkopimda Kabupaten/Kota Madiun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00