Covid-19 Cetak Rekor, Sumut Tambah RS Rujukan

KBRN, Medan : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menambah ruang isolasi dan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 untuk menangani pasien yang jumlahnya terus melonjak. Pada Rabu (8/7/2010), kasus baru pasien positif Covid-19 di Sumut mencatat rekor penambahan tertinggi, yakni mencapai 155 orang dalam sehari.

Relawan komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, dr Putri Mentari Sitanggang mengatakan, saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Sumut sebanyak 1.976 orang atau bertambah sebanyak 155 orang dari hari sebelumnya. Ia menuturkan, kasus positif yang meningkat dari hari ke hari didapatkan dari contact tracing atau penelusuran kontak yang agresif di sejumlah kabupaten kota, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan laboratorium PCR yang massif. 

Hingga kini RS rujukan di Sumut masih mampu menampung pasien Covid19. Meski demikian, Pemprov Sumut akan terus meningkatkan kapasitas RS rujukan dalam rangka antisipasi peningkatan pasien.

"Pemerintah akan terus meningkatkan rumah sakit rujukan dalam rangka antisipasi peningkatan pasien. Minggu depan ada penambahan ruangan di Rumah Sakit Adam Malik. Kemudian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut bekerjasama dengan pihak terkait menyiapkan rumah sakit rujukan Covid-19, antara lain Rumah Sakit Martha Friska Jalan KL Yos Sudaro dan Rumah Sakit Lions Club," ujarnya dalam keterangan pers melalui live streaming di Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (8/7/2020).

Sementara itu, data kasus terbaru Covid-19 di Sumut hingga 8 Juli, untuk pasien dalam pengawasan mengalami penurunan menjadi 260 orang, namun untuk pasien meninggal dunia bertambah 1 orang menjadi 110 orang. Sedangkan pasien sembuh meningkat atau bertambah 10 orang dari sebelumnya menjadi 503 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00