Pelanggaran PSBB Transisi Juni Banyak Juga

Suasana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di Jakarta (RRI/Tuter)

KBRN, Jakarta: Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin menyampaikan pihaknya telah merekap hasil pengawasan selama PSBB Transisi di bulan Juni 2020 lalu. 

Hasilnya dalam kurun waktu dari 5 Juni - 1 Juli 2020 lalu Satpol PP mencatat ada sejumlah pelanggaran baik yang dilakukan individu maupun tempat umum atau fasilitas umum. 

Pelanggarannya antara lain seperti tidak disiplin mengenakan masker saat beraktifitas, kemudian minimnya ketersediaan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di sejumlah tempat umum, pelanggaran pengaturan jam kerja hingga pelanggaran kapasitas jumlah pengunjung.

"Seperti itu yang memang dilakukan penindakan," ungkapnya saat dihubungi, Sabtu (4/7/2020).

Secara rinci, Arifin menyebutkan pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 60 surat teguran tertulis terkait adanya pelanggaran selama periode tersebut.

Kemudian penegakan dengan sanksi denda sebanyak 1.380 kasus pelanggaran dan penegakan dengan sanksi kerja sosial tercatat ada 15.116 pelanggaran. 

"Kemudian denda yang sudah disetorkan ke kas daerah itu untuk denda perorangan 240.960 juta rupiah, kemudian denda untuk tempat faislitas umum 188.750 juta rupiah. Sehingga yang sudah disetorkan secara keseluruhan 430.710 juta rupiah," paparnya mengakhiri.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan secara resmi telah memperpanjang masa PSBB transisi selama 2 pekan atau terhitung mulai 3 Juli kemarin hingga 16 Juli 2020 mendatang. 

Kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokoler pencegahan penularan Covid-19 jadi sorotan saat Anies menyampaikan perpanjangan PSBB Transisi ini. 

Ada 3 protokoler kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yang menurutnya perlu terus ditingkatkan masyarakat, yakni rajin mencuci tangan, selalu mengenakan masker dan menjaga jarak satu sama lain ketika beraktifitas di tempat publik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00