Kasus Meningkat, Kota Baubau Belum Normal Baru

Jubur Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau, dr. Lukman

KBRN, Baubau: Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) dr. Lukman menegaskan bahwa sampai saat ini Kota Baubau belum berada pada tatanan kehidupan baru atau kehidupan normal baru.

"Warga masih diminta untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan," kata Lukman, Sabtu (4/7/2020).

Hal ini ditegaskan Lukman karena beberapa hari terakhir kasus positif Covid-19 terus bertambah dan makin mencemaskan. Lukman memantau akhir-akhir ini kedisiplinan masyarakat semakin menurun dan cenderung abai.

Dokter ahli dalam ini menambahkan saat ini Kota Baubau belum memenuhi kriteria epidemologi untuk memasuki tatanan kehidupan baru, karena penambahan kasus dalam Dua minggu terakhir masih cenderung bertambah.

“Kita belum memasuki new normal. Kasus-kasus di daerah kita masih tahap meningkat. Dalam masa transisi ini kita berupaya menekan jumlah kasusnya dan masyarakat harus bersabar dan mematuhi protokol kesehatan. Sekarang tampak seperti biasa, penggunaan masker sudah semakin menurun,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Dr. Wahyu. Menurutnya akhir-akhir ini sejumlah tempat wisata semakin padat dan sebagian besar pengunjungnya tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Masih banyak yang tidak menggunakan masker. Hari minggu yang lalu di Pantai Nirwana bergitu berjubel orang, 50 persennya tidak memakai masker. Tolong RRI juga ambil peran untuk sosialisasikan ini,” kata Wahyu.

Jika penambahan kasus positif di Kota Baubau terus terjadi dikhawatirkan akan berdampak pada semakin sesaknya tempat perawatan pasien selain itu juga akan menyulitkan kinerja petugas kesehatan yang jumlahnya terbatas.

Hingga 3 Juli malam, total kasus positif di Kota Baubau mencapai 50 orang, 40 orang diantaranya masih dalam perawatan, 9 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Sementara jumlah ODP ada 29 orang dan OTG mencapai 134 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00