Sampah Plastik Ancaman Nyata Rusak Ekositem Laut

Pantai penuh sampah.jpg

KBRN, Mataram: Sampah plastik yang berada di pesisir pantai masih menjadi masalah bagi masyarakat sekitar dan lautan. Sehingga mengakibatkan, biota laut  menjadi terancam dengan banyaknya sampah plastik tersebut.

Koordinator Eart Houer Mataram, Wibisono mengatakan, kondisi laut saat ini sangat memprihantinkan.  Hal tersebut dikarenakan masih banyak sampah plastik yang ditemukan di sekitar pesisir pantai bahkan di dalam lautan. 

“Melihat keadaan laut saat ini sungguh sangat memprihatinkan. Bisa kita lihat sendiri apalagi Kota Mataram seperti di pantai Loang Balok dan pantai Gading pun masih banyak sampah plastik,” kata Wibisono kepada RRI, Kamis, (2/7/2020).

Wibisono menilai, masyarakat belum sepenuhnya sadar untuk tidak membuang sampah ke sungai dan bahaya sampah plastik belum sepenuhnya menjadi perhatian serius. Selain itu, Pemerintah juga belum tegas untuk melarang penggunaan kantong plasti sekali pakai.

“Belum ada kesadaran dari masyarakat, karena masih banyak masyarakat yang buang sampah ke sungai. Itu kan dari sungai ngalirnya ke lautan,” katanya.

“Itu dia juga belum ada solusi dari pemerintah bagaiaman mencegah sampah ini supaya tidak sampai ke lautan,” imbuhnya. 

Melihat semakin banyaknya sampah plastik di lautan, Eart Houer Mataram akan melakukan pendataan terhadap jumlah sampah plastik di setiap pesisir pantai. Wibisono mengatakan, jika sudah ada data, Pemerintah akan mempunyai acuan untuk membuat kebijakan terkait penggunaan sampah plastik dan program Zero Waste lebih tepat sasaran. 

“Kami akan mendata sampah-sampah yang ada di pesisir, itu yang kami fokuskan dan akan kami bawa ke Pemerintah untuk melakukan audiensi karena sangat memprihatinkan sekali sampah-sampah di pesisir,” kata Wibisono.

Selain itu, untuk mencegah pencemaran laut dari sampah plastik, Eart Houer Mataram rutin mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai dengan mengajak masyarakat sekitar dan komunitas pemerhati lingkungan lainnya.

“Kita berharap dengan begitu masyarakat lebih sadar dan menjaga kelestarian laut serta kebersihan lingkungan sekitar dari sampah plastic,” tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00