PPDB: Puluhan SDN Madiun Nihil Pendaftar

KBRN, Madiun: Penutupan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahap I Kota Madiun, Jawa Timur hari ini, Selasa (30/6/2020). Ternyata, 36 dari 56 SD Negeri di Kota Madiun nihil pendaftar, dan 36 SDN tersebut tersebar di tiga kecamatan se-Kota Madiun.

Rinciannya adalah Kecamatan Manguharjo 8 SDN, Kartoharjo 13 SDN, dan Taman 15 SDN.

"Ada beberapa faktor minimnya pendaftar di tahap pertama untuk jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua. Pertama, calon siswa tidak masuk kriteria jalur afirmasi sehingga tidak dapat mendaftar pada jalur tersebut," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun, Sri Marhaendra Datta di Madiu, Jawa Timur, Selasa (30/6/2020).

Faktor nomor dua, lanjut Sri, adalah minimnya perpindahan tugas orang tua, sehingga siswa yang mendaftar jalur tersebut minim. Berdasarkan penghitungan Dinas Pendidikan Kota Madiun, dia menyatakan jalur mutasi tugas orang tua hanya terisi tiga persen.

"Faktor lain, PPDB jenjang SDN tidak dibuka jalur prestasi baik akademik maupun non akademik. Saya memprediksi, pendaftar akan membludak di tahap II yang dibuka mulai Rabu (1/7/2020) hingga Jum'at (3/7/2020)," ungkap dia.

Meski demikian, dia hanya memastikan, yang jelas tahun ini ada dua tahap PPDB Kota Madiun. "Mungkin yang banyak justru di tahap kedua. Karena di tahap dua ini porsinya kalau untuk SMP lebih 50 persen itu dari zonasi," terang dia.

Kemudian, hasil prestasi nilai rapor ketika dibandingkan tahap pertama, lebih banyak berpotensi lolos di tahap II PPDB.

Sementara untuk SMPN, perhitungan Dinas Pendidikan Kota Madiun, pendaftar telah mencapai 30 persen dari total pagu untuk 14 SMPN.

"Artinya, secara keseluruhan telah memenuhi sesuai jalur. Yakni jalur afirmasi 15 persen, prestasi 15 persen, dan perpindahan tugas orang tua 15 persen," kata Sri.

Berdasarkan data dari laman resmi ppdb.madiunkota.go.id, pendaftar yang diterima di tahap I di 14 SMPN sebanyak 733 siswa. Rinciannya adalah jalur afirmasi 434 siswa, prestasi 274 siswa, dan perpindahan tugas orang tua sebanyak 25 siswa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00