Puncak Musim Kemarau di Bengkulu pada Agustus

KBRN, Bengkulu: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, saat ini Bengkulu sudah mulai masuk musim kekeringan. Hanya saja hujan masih tetap berpeluang turun pada periode Juli ini.

“Kita saat ini memang sudah mulai masuk musim kering. Tapi kita di Bengkulu diperkirakan puncaknya musim kemarau itu pada Agustus nanti,” jelas Kepala BMKG Provinsi Bengkulu Klaus Johannes Apoh Damanik, ST. MP, ketika dihubungi pada Selasa (30/6/2020).

Dikatakan, meskipun masuk musim kemarau, namun hujan masih tetap ada, karena melihat pergerakan dari awan. Tetapi untuk intensitasnya kecil lebih sedikit dibanding musim biasanya.

“Kalau hujan yang ekstrem kita tidak ada,” terangnya.

Dibagian lain potensi kebakaran hutan atau titik panas di wilayah Bengkulu, ditambahkan, tidak terlalu berbahaya seperti di daerah lain.

“Di Bengkulu kabut asap biasanya kiriman dari daerah lain, dan paling yang kita waspadai arah anginnya. Untuk itu himbauan kita, saat musim kemarau ini hati-hati saat membakar sampah, karena kondisi cuaca yang panas, api cepat dan mudah membesar dengan sendirinya,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00