PPDB Jakarta Jalur Prestasi Akademis Segera Dibuka

KBRN, Jakarta: Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nadhiana mengungkapkan pihaknya akan membuka kembali pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), setelah sebelumnya membuka penerimaan melalui 4 jalur, yakni jalur inklusi, jalur afirmasi, jalur prestasi non akademis dan jalur zonasi.

Kali ini jalur penerimaan yang dibuka ialah jalur prestasi akademis, dengan basis seleksi berdasarkan nilai akademis selama 5 semester terakhir dan akreditasi sekolah asal. 

Pendaftaran menurut Kadisdik DKI Jakarta ini akan dibuka mulai tanggal 1 hingga 3 Juli 2020 mendatang. 

“Jalur prestasi akademis ini dimaksudkan untuk mengakomodir dan mengapresiasi calon peserta didik berprestasi secara akademis,” ungkapnya ketika menggelar keterangan pers di Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Senin (29/6/2020).

Meski begitu tadi Nadhiana mengatakan pihaknya juga menerapkan kuota untuk jalur ini, antara lain untuk jenjang SMP dan SMA kuota yang disiapkan sebanyak 25 persen, dengan rincian 20 persen untuk calon peserta didik domisili DKI dan 5 persen untuk asal luar DKI Jakarta. 

Kemudia jenjang SMK kuota yang disiapkan ada 55 persen terdiri dari 50 persen untuk calon peserta didik baru asal DKI Jakarta dan 5 persen untuk luar DKI Jakarta.

“Nilai rapot yang digunakan untuk jenjang SD ke SMP meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan PKN. Sedangkan nilai rapot yang digunakan untuk jenjang SMP ke SMA atau SMK meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan Bahasa Ingris. Proses seleksi dilakukan dengan mengurutkan dari nilai tertinggi ke nilai yang lebih rendah sesuai dengan jumlah kuota yang tersedia,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan PPDB melalui jalur prestasi akademis ini tidak terikat dengan zonasi. Sehingga calon peserta didik baru bebas mendaftar dan memilih sekolah di seluruh Wilayah DKI Jakarta. 

Mekanismenya para pendaftar memilih 3 pilihan sekolah yang diinginkan, kemudian jika tidak lolos di ketiga pilihan tersebut calon peserta didik bari ini bisa mendaftar dan memilih kembali sekolah lain, dengan catatan masih dalam periode seleksi jalur prestasi akademis atau batas akhinya 3 juli 2020 tepatnya pukul 15.00 WIB.

“Proses yang sudah dilalui ini kami sudah berkoordinasi dengna kemendikbud dan sudah sesuai dengan pertaruan kementerian yang ada,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00