9 Tahun Penantian Slamet Berangkat Haji Berujung Kecewa

Slamet Buang saat berfoto dengan sepeda kesayangan (IST)

KBRN, Yogyakarta : Masa penantian sembilan tahun berbuah kekecewaan, ketika Slamet Buang warga Manding Kabupaten Bantul, tidak bisa menunaikan Ibadah Haji tahun ini.

Lelaki usia 64 tahun itu, mengungkapkan kesedihannya sambil menangis. Batal berangkat ke Tanah Suci tidak hanya sekali ini saja, kondisi itu pernah ia rasakan tahun 2010 silam, saat tidak bisa meninggalkan pekerjaan.

Dua kali gagal berangkat haji membuatnya pasrah, karena bagaimanapun, semua dilakukan agar tidak tertular Virus Corona.

”Ya ada kecewa ada tapi gimana lagi, kita tinggal menjalani aja keputusan pemerintah, sudah ditentukan Allah SWT saya belum bisa berangkat,” kata Slamet di ujung telepon, Kamis (4/6/2020).

Meski sudah melunasi biaya haji sebesar 35 juta rupiah, tetapi, niatnya melaksanakan Rukun Islam ke lima, terganjal Pandemi Covid-19. Ada subsidi 10 juta rupiah dari salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, tempatnya pernah bekerja sebelum pensiun.

Kini Slamet yang memiliki dua anak dan seorang istri itu hanya berharap, bisa merealisasikan keinginannya mengunjungi Ka’bah pada musim haji berikutnya.

”(Dana Haji yang sudah dibayar, red) nggak saya tarik, kalau saya tarik lalu ndaftar untuk pelunasan lagi kan repot, Insya Allah nanti 2021 berangkat,” imbuhnya.

Selain Slamet Buang, ada 926 calon jamaah haji lain dari Kabupaten Bantul, yang juga batal berangkat ke Tanah Suci, meski seluruhnya sudah melunasi biaya haji.

”Otomatis mereka menjadi jamaah haji tahun depan, dan diberangkatkan tahun depan secara aman dan tidak ada kekhawatiran,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Aidi Johansyah.

Ketidakjelasan informasi dari Kementerian Agama, tentang waktu pemberangkatan rombongan haji, menyebabkan belum ada pembentukan kloter (kelompok terbang), termasuk belum membuat visa.

”Himbauan kami, para calon jamaah haji bisa menerima dan bersabar, karena haji itu kan panggilan dari Allah SWT, artinya sekarang ini belum dipanggil,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00