Terminal Purboyo Siap Terapkan Tatanan Kehidupan Baru

KBRN, Madiun : Manajemen Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun siap menerapkan tata kehidupan baru (new normal).

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Purboyo, Suyatno mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Suyatno menuturkan, manajemennya jauh hari telah menerapkan protokol kesehatan di terminal sesuai SOP pencegahan covid-19. Yakni menyediakan tempat mencuci tangan, memberikan jarak tempat duduk di ruang tunggu penumpang, hingga menyiapkan bilik sterilisasi.

Kemudian juga menyiapkan pos kesehatan, melakukan pemeriksaan suhu tubuh hingga kewajiban menggunakan masker bagi seluruh penumpang yang berangkat maupun turun, kru armada bus serta petugas terminal.

“Dari awal kita sudah siap menerapkan new normal itu. Nanti bus itu hanya diisi 50 persen dari kapasitasnya. Secara otomatis tarifnya lebih mahal. Kemudian juga mamakai masker dan hal lain. Ya kita tunggu saja kapan itu diterapkan, secara teknis kita akan mengikuti,” kata Suyatno, Selasa (2/6/2020).

Namun demikian hingga saat ini kondisi di Terminal Purboyo Kota Madiun, sepi. Tidak ada bus yang keluar dan masuk terminal dampak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta dan perpanjangan PSBB di Surabaya Raya.

Akibatnya, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sementara ini berhenti beroperasi.

Suyatno menjelaskan, untuk pembukaan aktifitas di terminal pihaknya masih menunggu petunjuk dari Kementerian Perhubungan dan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTDXI Jawa Timur. Sebab, sejak diterapkannya PSBB di Surabaya Raya, hanya ada tiga terminal tipe A yang diperbolehkan beroperasi dengan layanan terbatas. Yakni Terminal Purabaya, Surabaya, Terminal Arjosari Malang dan Terminal Kertonegoro Ngawi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00