Ponpes Di Bondowoso Sambut Kembalinya Para Santri

KBRN, Bondowoso: Memasuki musim balik santri ke pondok pesantren (Ponpes) pasca Hari Raya Idul Fitri mulai akan dilakukan oleh beberapa pondok pesantren di Bondowoso. 

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di pesantren, Gusus Tugas Penanganan Covid-19 Bondowoso melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh fasilitas ponpes.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Bondowoso), Kukuh Triatmoko mengatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan di ponpes Miftahul Ulum Kecamatan Wonosari dan beberapa fasilitas umum. Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan untuk pencegahan penyebaran Virus Corona di kalangan santri. 

"Baru saja melakukan penyemprotan disinfektan di Pesantren Miftahul Ulum , Desa Tumpeng Kecamatan Wonosari," jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (2/6/2020). 

Kukuh menjelaskan, semua bagian pesantren disemprot disinfektan, mulai dari asrama, ruang mengaji, halaman, pegangan tangga dan berbagai fasilitas pesantren lainnya. 

Penyemprotan tersebut diharapkan mampu memberikan edukasi sehingga santri dan masyarakat di sekeliling pesantren nantinya bisa melaksanakan penyemprotan mandiri.

"Jadi nantinya mereka bisa melakukan penyemprotan disinfektan ini berulang-ulang ,secara mandiri,” harapnya.      

Ia menambahkan jika pihaknya melayani penyemprotan disinfektan sesuai permintaan dan berdasar petunjuk Bupati Bondowoso selaku Ketua Gugus Tugas Pananganan Covid-19. 

Selain penyemprotan disinfektan juga akan dilakukan Rapid Test oleh Dinas Kesehatan kepada santri. 

"Jadi sebelum mereka masuk ponpes dilakukan penyemprotan dulu, lalu dilanjutkan denga rapid test," pungkasnya.

Sementara mengenai penanganan santri Bondowoso yang mondok di pesantren luar kota, pihaknya menyerahkan kepada tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bondowoso. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00