Putusan Pelaksanaan Sholat Jumat di Jakarta

KBRN, Jakarta: Hari ini Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta. Pertemuan ini akan membahas tentang sejumlah isu. Diantaranya sholat Jumat menjelang berakhirnya pelaksanaan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB).

"Pembahasan Sholat Jumat dan berakhirnya PSBB," ungkap Dewan Mesjid Indonesia Kelurahan Klender, Jakarta Timur Nurhasan pada RRI.co.id, Senin (1/6/2020).

Nurhasan mengaku berharap agar pemerintahan DKI segera membolehkan Masjid untuk menggelar sholat Jumat pada minggu ini. Hal itu sejalan dengan pernyataan Kementerian Agama yang juga membolehkan pelaksanaan sholat berjamaah, asalkan dilakukan di daerah yang bukan zona merah Covid-19, dan dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  

"Menurut Menteri Agama yang kami dengar, boleh-boleh saja, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, masayarakat sudah rindu," Jelas Nurhasan.

Tak lupa, Nurhasan pun mengingatkan umat muslim yang ingin berjamaah di masjid untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Jangan sampai lupa, harus dijaga juga ini'kan msasa-masa jangan sampai kebalasan" tegas Nurhasan.

Seperti diketahui sejumlah Masjid minggu ini siap melaksanakan Sholat Jumat bahkan sebagaian besar para pengurus Masjid sudah bersurat ke Kelurahan dan Kekecamatan untuk mendapatkan ijin.

Sebelumnya, Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi Covid-19. Dijelaskannya, SE tersebut mengatur tentang rumah ibadah yang diizinkan untuk dibuka hanya yang berada di area aman dari pandemi Covid-19. Apabila ada kasus Covid-19 di daerah tersebut, maka masjid tersebut tak diizinkan dibuka. (Foto: Antara/ Paramayuda)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00