Surat Sehat di Dompu Seharga Rp5 Juta

Dompu, KBRN: Warga Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ingin keluar wilayah diwajibkan membayar Rp5 juta untuk memperoleh Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS).

Bupati Dompu, H Bambang M Yasin menegaskan, hal itu merupakan salah upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 dan menghadapi Tatanan Kehidupan Baru. Sebab, surat “sakti”itu merupakan syarat orang bisa keluar daerah, selain ijin dari pimpinan untuk keperluan dinas.

“Dalam rapat terbatas yang kami lakukan, sudah kami tetapkan untuk mendapatkan SKBS, seseorang harus membayar sebesar Rp.5 juta rupiah,” kataya Senin (1/6/2020).

Diakuinya bahwa besaran tarif itu memang mengundang polemik, Namun hanya itu yang bisa dilakukan untuk membuat warganya berpikir ulang untuk mendapatkannya. Uang sebesar Rp5 juta itu, bukan masuk kas daerah, namun sebagai jaminan bagi warganya untuk kembali lagi.

Saat kembali setelah melakukan perjalanan keluar daerah, seseorang itu dipastikannya bisa mengambil uang jaminan itu untuk melakukan test swab.

“Jadi bukan untuk kami, tapi uang itu untuk jaminan agar mereka kembali lagi dengan keadaan sehat dan dipastikan tidak tertular,” tambahnya.

Kebijakan ini, hanya berlaku bagi warga yang pergi dalam waktu yang pendek dan tidak berlaku bagi warga yang bepergian lama seperti mahasiswa dan pelajar yang menuntut ilmu di luar daerah. (Foto: Antara/ Muhammad Iqbal/ Ilustrasi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00