KKB Bakar Batu, Waterpau: Caper

KBRN, Jakarta: Kapolda Papua Paulus Waterpau menilai, tujuan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melakukan Upacara Adat Bakar Batu baru-baru ini, bertujuan mencari perhatian pada dunia internasional.

Diketahui, upacara adat ini dimaknai KKB Papua sebagai komitmen aksi atau perang melawan aparat TNI-Polri, dalam prosesi adat itu, KKB menyatakan area Kuala Kencana hingga Tembagapura sebagai 'medan perang'. 

"Caper (cari perhatian) biar ada atensi dunia lain, dunia barat terutama," kata Waterpau pada rri.co.id, Kamis (28/05/20).

Ia menyatakan, selama ini KKB berusaha mengganggu keamanan, hingga terakhir insiden penyerangan terhadap dua tenaga medis yang tengah bertugas mengantar obat untuk pasien Covid-19.

Sebelumnya, lanjutnya, KKB melakukan penyerangan Pos Polisi di Paniai, serta menyerang Freeport dengan tujuan sama mendapat perhatian dari dunia luar negeri.

"selama ini mereka ganggu kemana-mana tidak terlalu mempan, tidak terlalu terpengaruh untuk mendapat perhatian dunia," ujarnya. 

Waterpau menyayangkan, kelompok KKB tidak menyadari aksi mereka hanya dimanfaatkan pihak tertentu untuk mencari keuntungan. 

"Dimanfaatin banyak pihak , banyak negara yang coba untuk memasuki papua," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00