Belitung Waspadai Transmisi Lokal Covid-19

KBRN, Belitung : Direktur RSUD dr. H. Marsidi Judono (RSMJ) Kabupaten Belitung, dr. Hendra, mengingatkan warga di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya transmisi lokal Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Kemungkinan tersebut perlu dipahami oleh masyarakat di kedua daerah itu, terlebih karena Kabupaten Belitung sudah ditetapkan sebagai salah satu daerah dengan transmisi lokal di Indonesia.

“Artinya, penyebaran COVID-19 sangat memungkinkan terjadi tidak lagi hanya melalui masyarakat dari luar Pulau Belitung atau kasus impor saja sehingga sangat memungkinkan kasus positif yang ditemukan di Belitung dan Belitung Timur bersumber dari penularan lokal,” kata Hendra, Rabu (26/5/2020).

Dijelaskannya, salah satu kasus positif COVID-19 yang saat ini dalam penanganan RSMJ Kabupaten Belitung, yakni pasien 931, dari riwayat aktivitas yang dilakukannya mungkin saja terjangkit karena adanya transmisi lokal yang telah menyebar di Pulau Belitung.

“Riwayat perjalanan pasien 931 tersebut pernah melakukan pekerjaan pemantauan di daerah Pasar Manggar, Belitung Timur dan juga beberapa kali pergi ke Pasar Tanjungpandan, Belitung. Jadi sangat mungkin telah menyebar,” ujarnya.

Guna mengantisipasi transmisi lokal tidak terjadi secara masif, Hendra menegaskan seluruh masyarakat  wajib mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 agar dapat menekan meluasnya sebaran virus yang muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok ini.

“Semua harus patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak. Mari kita senantiasa berdo’a agar Belitung dapat melalui bencana non alam ini dengan tidak menimbulkan banyak korban,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00