Shalat Idul Fitri di Sabang Boleh Berjamaah

kadis syariat islam sabang_Drs. marwan
jemaah shalat ied tahn 2019 di mesjid babussalam
shalt ied 2019 di mesjid babussalam sabang
tahun 2020 sabang shalat ied di mesjid
Jamaah shalat ied di Sabang pada 2019 silam (Mahfud/RRI)

KBRN, Sabang: Pelaksanaan Takbir dan Shalat Idul Fitri 1441 H di Sabang masih seperti rencana semula yakni dilakukan di Masjid setempat.

Untuk tingkat Kota Sabang Takbir dan Shalat Ied akan berlangsung di Masjid Agung Babussalam.

Menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Minggu (24/05/2020), dengan membolehkan shalat ied di masjid memang sudah dengan pertimbangan dari kondisi penyebaran Covid-19 di Sabang juga.

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Sabang,  Marwan, Kepada RRI, Sabtu (23/05/2020) membenarkan, kegiatan dapat dilaksanakan di luar rumah atas pertimbangan Sabang masih dalam kondisi relatif aman dari Penyebaran COVID-19.

Namun masyarakat diimbau tetap mematuhi protokol yang sudah disusun oleh Pemerintah dalam hal ini  unsur Dibas Kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. 

Dikatakannya, malam Takbiran juga akan berlangsung di masjid-masjid setempat (tidak di luar ruangan), termasuk Masjid Agung Babussalam, dimana acaranya akan disusun dan dilaksanakan oleh Pengurus dan Jamaah setempat.

“Kita lazimnya buat malam takbiran, ini mengumpulkan banyak orang dan peserta yang banyak. Nah, ini  kita tiadakan, dan sudah dikoordinasikan dengan Walikota. Untuk Shalat Idul fitri kalau tahun-tahun lalu kita laksanakan di lapangan Yos Sudarso, Tahun in dilaksankaan Mesjid masing-masing dan tingkat Kota di laksanakan di Mesjd Agung Babussalam,” ujarnya Sabtu (23/05/2020).   

Dia menambahkan, yang akan bertindak sebagai Khatib pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H /24/05/2020, di Mesjid Agung Babussalam yakni Tgk Akmal Said SE (selaku Komisioner KIP Kota Sabang). 

Sementara Imam dipimpin oleh Ustad Ramadhan Al Hafidz, yang merupakan pengajar di Pesantren Terpadu Al Mujaddin Kota Sabang. 

Kegiatan Shalat Ied di seluruh Sabang, sebut Kadis, tahun ini dikelola oleh Pengurus masjid masing–masing. Berbeda dengan tahun sebelumnya oleh Dinas Syariat Islam dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Sabang.

Shalat Ied, kata Marwan, akan dimulai pukul 07.00 Wib.

“Kepada jamaah yang datang ke masjid agar membawa sajaddah masing-masing, agar lebih mudah disiapkan cuci sendiri dan kita tukar dengan yang lain. Kepada petugas masjid minimal menyediakan tempat cuci tangan sebelum masuk masjid. Tetap jaga protokol kesehatan meskipun Sabang ini masih aman,” pungkasnya.

Berikut Sejumlah masjid di Sabang yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, 24 Mei 2020 :

1. Mesjid Agung babussalam

    Khatib : Tgk Akmal Said SE.

    Imam   : Ustd. Ramadhan Al hafidz

2. Mesjid Al Muhajirin Gp. Cot Ba’u Kec. Sukajaya.

    Khatib : Tgk Irsalullah S.SHI

     Imam :  Tgk Sayuti, SH

3. Mesjid Baburrahman Gp. Paya Seunara Kec. Sukakarya

    Khatib : Tgk. Syarkawi

    Imam  : Tgk Abubakar

4.  Mesjid Babuttaqwa Gp. Iee Meulee Kec. Sukajaya

     Khatib : Tgk. H.Murdani Mustafa, Sag, MA.

     Imam   : Tgk. Zamzami, AR

5.  Mesjid Baiturrahim Gp. Kuta Timu Kec. Sukakarya

     Khatib : Tgk Aiyub

    Imam  : Tgk. M. Harun Ali

6. Mesjid Sabilul Muhtadin Gp. Jaboi Kec. Sukajaya

     Khatib : Tgk Rizal Fahlevi

     Imam  : Tgk Rizal Fahlevi  

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00