Napi Lapas Perempuan Ternate Terima Remisi Idul Fitri

KBRN, Ternate: Puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Ternate mendapat remisi pelaksanaan perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah 2020.

Kepada RRI Kepala LPP Kelas III Ternate Nona Achmad, Sabtu (23/2020) mengatakan, untuk remisi perayaan Idul Fitrih 2020, pihaknya mengusulkan sebanyak 20 orang dan 20 orang yang diusulkan tersebut langsung diterima.

“Kita usul 20 dan yang turun juga 20 orang warga binaan untuk remisinya,” ungkapnya.

20 WBP yang diusulkan untuk mendapat remisi itu kata Nona Achmad, 5 diantaranya mendapar remisi khusus sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 99 yakni 1 kasus tindak pidana korupsi sementara 4 lainya merupakan kasus tndak pidana narkotika.

Sementara untuk 15 orang lain yang mendapat remisi dalam perayaan Idul Fitri tersebut merupakan warga binaan kasus tindak pidana umum baik pencurian, pembunuhan dan perbankan.

“Ada kasus pembunuhan dan perbankan untuk yang 15 orang,” katanya.

Menurutnya, 20 orang napi yang mendapat remisi tersebut dengan klasifikasi 1 bulan hingga 15 hari.

“Kalau yang paling lama itu 1 bulan dan paling sedkiti 15 hari,”tuturnya.

Untuk jumlah remisi secara umum di Malut sesuai data yang diterima dari kemenkumham.go.id, sebanyak 512 WBP yang tersebar pada Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di wilayah Malutv yang memenuhi ketentuan diusulkan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Malut untuk menerima remisi khusus pada perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah, Tahun 2020.

Untuk pelaksanaan sholad Idul Fitri di LPP Ternate kata Nona akan dilaksanakan didalam kamar hunian warga binaan masing-masing sesuai dengan edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tahun 2020 tentang pelaksanaan kegiatan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah ditengah situasi pendemi covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00