Penyeberangan ke Sabang Dihentikan

KBRN, Sabang: Menindaklanjuti surat keputusan Sekretaris Daerah Kota Sabang No : 440/2946 pada 19 Mei 2020 lalu,  PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan atau ASDP (Persero) Aceh akan meniadakan pelayaran Sabang-Banda Aceh untuk sementara waktu. Hal itu guna mendukung upaya pemeritah dalam mencegah penyebaran Virus Corona jenis baru atau Covid-19.

Pemberhentian operasi sementara Jasa Angkutan Penyeberangan Ferry ASDP lintasan Sabang - Banda Aceh (PP), akan dilakukan mulai tanggal 23 sampai dengan 25 Mei 2020 nanti.

Supervisi ASDP Aceh perwakilan Sabang, Husaini saat dihubungi RRI mengatakan, layanan jasa penyeberangan akan kembali aktif pada 26 Mei 2020 atau H+2 lebaran. 

“Pemberhentian/ tidak operasi ini diberlakukan mulai H-1 hingga H+1. Dalam arti mulai hari sabtu sampai hari senin. Hari selasa tanggal 26 kita akan berlayar atau beoperasi seperti biasa. Kalau dari pimpinan cabang menyetujui surat permohonan dari Sekertaris Daerah itu,” jelas Husaini, Jumat (22/05/20).

Husaini menyampaikan permohonan maaf bagi calon pemumpang kapal penyeberangan Sabang- Banda Aceh/ sebaliknya, terhadap pemberlakuan keputusan ini. Dimintanya juga agar masyarakat bersabar dan memaklumi keadaan tersebut.

“Mulai Sabtu hingga senin, itu memang sama sekalintidak ada pelayaran atau tuutup total. Karena mobilisasi ke Sabang ini dalam arti membawa sembako itu selama lebaran memang sangat minim,” terangnya lagi.

Pemberhentian sementara layanan jasa penyeberangaan ASDP pada H-1 hingga H+1 Idul Fitri ini juga karena minimnya mobilisasi angkutan sembako ke Sabang saat lebaran, sebagaimana yang biasa terjadi pada lebaran tahun- tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, untuk saat ini terhitung 11 Mei 2020 lalu, pelayaraan Sabang- Banda Aceh dan sebaliknya, tak lagi melayani penumpang reguler dan hanya melayanin kendaraan penyuplai sembako serta penumpang dengan status emergency saja. Untuk itu pemberhentian sementara pelayaran ini kata Husaini dirasa tidak akan begitu berdampak bagi pihaknya, maupun masyarakat dalam hal ketersediaan sembako selama lebaran. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00