Jumlah Fantastis, Truk Mixer Dikerahkan Musnahkan Narkoba

KBRN, Banjarmasin: Truck mixer atau truk pengaduk semen digunakan Polda Kalimatan Selatan (Kalsel) untuk memusnahkan barang bukti narkoba dengan jumlah fantastis atau sangat banyak.

Pemusnahan barang bukti disaksikan juga para pengedar dari tiga kasus yang berhasil diungkap yakni, satu jaringan Internasional (Malaysia - Kaltara - Kaltim - Kalsel) dan dua jaringan lokal.

"Tak mudah kita mengungkap kasus besar seperti ini  dan kelompok mereka berlapis-lapis, namun berkat keahlian petugas bisa sampai ke atas, salut kinerja anak-anak di lapangan, dan saya ucapkan terima kasih atas kepedulian masyarakat memberikan informasi," Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta sela pemusnahan narkoba, Rabu (20/5/2020).

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor turut hadir dan ikut memusnahkan barang haram tersebut.

Pria yang akrab disapa Paman Birin ini memberikan, apresiasi tinggi untuk Polda Kalsel, sebab tidak dapat dibayangkan jika narkoba sebanyak itu beredar di wilayahnya.

"Mewakili rakyat Kalsel saya ucapkan terimaksih, sudah menyelamatkan jutaan masyarakat kita,” ujar Sahbirin.

Adapun, data total barang bukti yang disita dari tiga kasus ini yakni sabu berat kotor 243.394,75 gram (berat bersih 237.335,4 gram), ineks 54.932 butir, dan serbuk ineks 237,32 gram (berat bersih 220,76 gram).

Dan barang bukti yang disisihkan untuk kepentingan penyidikan (uji lab) yakni sabu 4,38 gram, ineks 4,5 butir, dan Serbuk ineks 1,72 gram.

Lebih lanjut, barang bukti yang disisihkan untuk kepentingan penyidikan (pembuktian): sabu 4,1 gram, ineks 15 butir, dan serbuk ineks 0,60 gram.

Pemusnahan tersebut juga disaksikan Danrem 101/Antasari Kolonel Infantri Firmansyah, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Kejati Kalsel Arie Arifin, dan Kepala BNNP Kalsel Brigjen M Aris Purnomo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00