Pelanggar PSBB Terus Diseret ke Meja Hijau

Proses Persidangan di PN Pekanbaru Terhadap Pelanggar PSBB

KBRN, Pekanbaru: Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru kembali menggelar persidangan kali ini pada enam orang pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota setempat.

"Sudah dilaksanakan persidangan singkat perkara pelanggaran PSBB Kota Pekanbaru," kata Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Robi Harianto dalam keterangannya, Selasa (19/5/2020).

Robi menjelaskan, dalam persidangan juga terdapat 6 Jaksa bertindak sebagai penuntut umum. Adapun pelaksanaan persidangan diantaranya pembacaan dakwaan, pemeriksaan saksi, pemeriksaan terdakwa, hingga putusan. 

"Para pelanggar kita dakwa dengan Pasal 216 ayat (1) KUHP, yakni dengan sengaja tidak mematuhi peraturan pemerintah yaitu Peraturan Wali Kota Nomor : 235 tahun 2020 tentang Pemberlakuan PSBB dalam penanganan Covid-19 di Kota Pekanbaru," ujarnya. 

Dalam persidangan itu, kata dia, pihaknya menuntut para terdakwa dengan hukuman denda yang jumlahnya bervariasi. mulai dari denda uuang Rp125 ribu subsider 1 bulan kurungan hingga Rp600 ribu subsider 1 bulan penjara. 

"Proses eksekusi telah kita laksanakan. Para terdakwa telah menyetor denda sebagaimana putusan majelis hakim. Dengan putusan ini diharapkan warga mematuhi ketentuan PSBB. Hal itu bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya.

Untuk diketahui, sejak April 2020 hingga kini, puluhan pelanggar PSBB telah diseret ke meja hijau atau tersidangan Pengadilan Negeri Pekanbaru hingga dijatuhi hukuman penjara dan denda oleh Majelis Hakim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00