Wilayah Bengkulu Masih Siaga Cuaca Ekstrem

KBRN, Bengkulu : Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati-Soekarno Bengkulu merilis wilayah Provinsi Bengkulu siaga cuaca ekstrim, lantaran termasuk salah satu wilayah lintasan siklon tropis 96S.

Forcaster Stasiun Klimatologi Fatmawati-Soekarno Bengkulu, Dyah Rizky menyatakan, untuk perkiraan potensi siaganya 24 jam. Apalagi perakiraan lintasan bibit siklon itu hingga Jumat 8 Mei lusa.

“Lintasan bibit siklon memang terpantau sudah semakin menjauh, dan pengaruhnya ke cuaca wilayah Bengkulu mulai berkurang," ujar Dyah dalam rilisnya pada Rabu (6/5/2020).

Selain itu dijelaskan, pihak BMKG juga memprediksi wilayah Provinsi Bengkulu akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang disertai angin kencang dan gelombang tinggi.

Sedangkan untuk curah hujan diperkirakan dengan intensitas kurang lebih 50 mm per-hari, dan atau angin kencang mencapai kurang lebih 50 kilometer per-jam dalam 24 jam ke depan.

"Bengkulu sendiri sebenarnya sudah sejak beberapa hari yang lalu ada pengaruhnya, seperti kenaikan gelombang dan angin kencang," terang Dyah.

Lebih lanjut disebutkan, pihak BMKG juga memperkirakan terjadi kenaikan gelombang laut dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter di perairan barat Bengkulu hingga Lampung, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Selat sunda bagian selatan, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Lampung dan Samudera Hindia selatan Jawa.

"Prediksi angin kencang di wilayah perairan Bengkulu, Pulau Enggano, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Samudera Hindia Barat Bengkulu," tukas Dyah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00