Di Situbondo, Pasien Positif COVID-19 Bertambah Dua Orang

KBRN, Situbondo: Berdasarkan rilis pemkab Situbondo, Jawa Timur, pada hari Minggu, 5 April 2020, jumlah warga yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 bertambah dari enam menjadi delapan orang.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan, yang sekaligus sebagai juru bicara Satgas Covid-19 Situbondo, Abu Bakar Abdi, dua orang pasien tambahan yang dinyatakan positif itu, adalah ibu dari pasien positif coronavirus dan seorang tenaga medis yang ikut pelatihan haji di Surabaya beberapa waktu lalu.

"Ibu dari pasien yang dinyatakan positif, yang juga jemaah umrah ini juga dinyatakan positif COVID-19. Sedangkan satu orang lagi, dia habis ikut pelatihan haji di Surabaya," ujar Abu Bakar Abdi, Senin (6/4/2020).

Abu Bakar Abdi mengemukakan, dari total delapan pasien yang dinyatakan positif coronavirus, lima diantaranya sedang dirawat di rumah sakit, dengan rincian, tiga orang dirawat di Rumah Sakit Soebandi, Jember, dan dua orang dirawat di Rumah Sakit Abdoer Rahem, Situbondo.

"Sebenarnya yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumah masing-masing ada empat orang. Hanya saja satu orang yang dari Banyuputih kemarin masuk rumah sakit lagi, karena ada keluhan," beber Abu Bakar Abdi.

Sementara itu, tiga orang pasien positif COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumah masing-masing saat ini sedang menjalani isolasi mandiri, dengan pengawasan ketat dari petugas kesehatan dan camat serta dari pemerintahan desa setempat.

"Isolasi mandiri ini berlangsung selama 14 hari. Artinya, yang bersangkutan selama itu tidak diperbolehkan keluar rumah dihawatirkan tertular atau menularkan," terang Kepala Dinas Sosial ini.

Catatan Satgas Penanggulangan COVID-19 Situbondo, selain delapan orang yang dinyatakan positif coronavirus, orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 187 orang. Enam ODP dirawat inap di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo, selebihnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat sebanyak sembilan orang yang menjalani rawat inap, satu diantaranya dipulangkan dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00