Darurat Covid-19 : Commuter Line Lengang, Operasional Masih Normal

KBRN, Jakarta : Indonesia tidak melakukan lockdown dalam penanggulangan dan penanganan penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau disingkat Covid-19. Pemerintah Indonesia secara bertahap menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Turunan langsung dari kebijakan tersebut adalah social distancing serta physical distancing dimana masyarakat diimbai mendisiplinkan diri masing-masing untuk menghindari kerumunan (jika tidak ingin tertular virus Corona).

Masyarakat nampaknya mulai memahami maksud dan tujuan pemerintah dalam PSBB dan social distancing, karena mereka banyak yang sudah tak berkegiatan alis tinggal di rumah sesuai arahan pemerintah. 

Lalu siapa yang masih berkeliaran di luar? Mereka adalah anggota masyarakat yang masih masuk bekerja atau melakukan kegiatan berjualan makanan dan minuman. Lalu siapa lagi? tentunya para karyawan moda transportasi PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI).

Layanan transportasi publik terus berjalan, karena masyarakat tetap butuh walau keadaan masih darurat nasional wabah Covid-19. Selain mereka yang bekerja sebagai pelayan transportasi publik, beberapa profesi tertentu masih terus masuk kerja.

Contohnya karyawan perusahaan media, pengemudi moda transportasi online (ojek dan taxi online), pekerja jasa layanan antar makanan online, TNI-Polri, Satpol PP, dokter dan tim medis pendukungnya, para relawan penanganan Covid-19, serta profesi lain yang tak bisa disebutkan satu demi satu.

Meski ada yang masih di luar rumah sejak pagi hingga malam hari, namun volume penumpang commuter line tampak jauh berkurang. Seperti pantauan RRI kemarin, Sabtu, 4 April 2020. Sejak pukul 10.00 WIB dari Stasiun Kemayoran, Jakarta Pusat, kereta commuter arah Bekasi nampak lengang.

Berada di rangkaian nomor 4, kami melihat hanya ada dua penumpang yang duduk berjauhan. Kemudian ke gerbong 6, ada sekitar 4-5 penumpang saja. Walaupun di setiap stasiun naik penumpang lainnya, tetap jarak antar sesama penumpang terjaga dengan sendirinya. Penggunaan masker juga nampak diperhatikan oleh para penumpang.

Hingga Sabtu (4/4/2020) kemarin, jadwal operasional commuter line masih seperti biasanya, yaitu dari pagi hingga jelang tengah malam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00