WNA Thailand Diawasi Ketat Tim Inteldakim Imigrasi Atambua

KBRN, Belu : Satu orang Warga Negara Asing asal Thailand berinisial NTC (37) dalam pengawasan Tim Inteldakim Keimigrasian Kantor Imigrasi Atambua Kabupaten Belu, setelah yang bersangkutan memasuki wilayah Indonesia memanfaatkan fasilitas Bebas Visa Kunjungan. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Atambua K.A. Halim membenarkan keberadaan WNA asal Thailand tersebut sesuai informasi yang diperoleh dari Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Kabupaten Malaka. Bersangkutan WNA asal Thailad tersebut, saat ini berdomisili di Dusun Hoineno Desa Tunmat Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka. Keterangan WNA asal Thailand, sesuai informasi Tim Iteldakim keberadaanya di Indonesia untuk mengikuti istrinya, Yohana Arakat, Warga Negara Indonesia.

Kedatanggannya ke Indonesia melalui penerbangan dari Malaysia dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kamis, (19/3/2020). 

“Informasinya bahwa, dua orang ini satunya yang laki-laki Warga Negara Thailand dan satunya perempuan orang Malaka Warga Negara Indonesia sebagai Istrinya," ungkapnya pada Sabtu (4/4/2020).

Setelah menerima informasi tersebut, Tim Inteldakim Imigrasi Atambua langsung terjunkan ke lokasi untuk melakukan pengawasan, setelah terlebih dahulu mengkonformasi kesehatan WNA yang sebelumnya telah diperiksa oleh Tim Medis Puskemas Tunabesi. Sesuai keterangan pihak Puskesmas WNA tersebut dinyatakan sehat. Hal ini sekaligus menjawab kekhawatiran warga setempat bahwa kedua orang tersebut datang dari negara yang epidemi covid-19.

“Keterangan hasil pemeriksaan kesehatan WNA tersebut dinyatakan sehat, namun demikian Tim Medis akan tetap melakukan pengecekan kesehatan secara berkala dan sudah masuk dalam daftar ODP Malaka," jelas K.A Halim.

Untuk sementara ini, WNA asal Thailand tersebut bersama istri masuk daftar Orang Dalam Pemantauan-ODP dan menjalani karantina mandiri selama 14 hari terhitung (30/3/2020) dengan pemantauan Tim Medis Puskesmas Tunabesi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00