Waspada Covid-19, Awas Hoaks dan Bijaklah Bermedsos!

KBRN, Mataram : Publik belakang ini dengan mudah dan cepat memperoleh informasi yang berkenaan dengan covid-19. Bahkan informasi ODP, PDP dan positif virus Corona secepat kilat dapat diperoleh.

Kecepatan ini belum tentu kebenarannya yang selanjutnya diterima dengan mentah dan dishare maupun disampaikan ke khalayak ramai. 

"Disinilah diperlukan kebijakan, kearifan dan kecerdasan kita dalam menerima, menelaah dan membagikan kembali. Jika dinilai ragu dan belum jelas maka kita minta untuk mengkonfirmasi ke pihak berkompeten agar tidak menjadi bagian penyebaran informasi hoaks atau bohong," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram I Nyoman Swandiasa, Sabtu (4/4/2020).

Ia mengatakan bahwa dengan maraknya penggunaan teknologi informasi serta melek IT membuat masyarakat dengan mudah men-share atau memperoleh informasi tentang covid-19. 

Pemerintah kota Mataram melalui berbagai dinas dan OPD terkait dengan gencar mengedukasi masyarakat tentang penggunaan media sosial. 

"Kita tidak ingin pandemi Corona ini menjadi ajang untuk penyebarluasan informasi hoaks. Tapi menjadikan media sosial sebagai wadah edukasi, sosialiasi dan penyemangat bagi ODP, PDP dan pasien positif untuk sembuh," paparnya.

"Mari kita berikan yang terbaik dan sampaikan hal-hal yang menyejukkan serta menyenangkan agar ditengah pandemi ini tidak terjadi saling curiga mencurigai," sambungnya.

Berkenaan dengan bertambahnya jumlah pasien positif covid-19, Nyoman Swandiasa menyampaikan bahwa kondisi terus membaik. Oleh sebab itu diminta kepada seluruh masyarakat berperan aktif menekankan penyebaran virus tersebut.

Tidak beraktifitas diluar rumah jika tidak mendesak, menggunakan masker dan rajin cuci tangan pakai sabun serta menjaga jarak minimal satu meter.

"Ayo kita sama-sama ambil bagian sebab kita ingin wabah ini berlalu. Jadi patuhi imbauan yang ada sebab pergerakan sebaran covid-19 akan bisa ditekan manakala kita menerapkan PHBS dan diam dirumah," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00