Hasrat Mudik Warganya Besar, Desa Ini Siapkan Rumah Karantina

KBRN, Pamekasan : Pemerintah Desa Bulangan Barat, Kecamatan Pegantenan,  Kabupaten Pamekasan, menyiapkan rumah mewah bagi warganya yang baru datang dari perantauan, guna mencegah penyebaran virus Corona. 

Kepala Desa Bulangan Barat, Faisol menjelaskan, apabila ada keluhan dari warga yang datang dari perantauan setelah melalui proses pemeriksaan di posko, akan dikarantina di rumah tersebut dengan mendapat pengawasan dari tim medis puskesmas setempat.

Sedangkan bagi warga yang kondisinya sehat diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing dengan anjuran melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. 

Faisol mengatakan, di rumah tersebut ada dua kamar yang disiapkan untuk mengisolasi warga yang mengalami gejala mirip virus Corona. 

"Di rumah karantina itu kami siapkan dua kamar dengan fasilitas yang disiapkan ada tempat tidur, AC, televisi, bilik steril, dan fasilitas lainnya agar warga yang diisolasi tidak resah dan merasa nyaman," ucapnya, Sabtu (4/4/2020). 

Tidak hanya itu, Faisol menuturkan, pihaknya juga gencar melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah- rumah warga, lembaga pendidikan, tempat ibadah serta memberikan bantuan peralatan untuk mencuci tangan. 

Sementara itu, Plt Camat Pegantenan, Benny mengungkapkan, kalau satgas di setiap desa sudah dibentuk, namun untuk rumah karantina memang baru ada di Desa Bulangan Barat, oleh karena itu pihaknya berharap hal itu bisa menjadi contoh bagi desa lainnya di Kabupaten Pamekasan, khususnya di Kecamatan Pegantenan. 

"Ini bisa dicontoh oleh desa lain, apalagi Pamekasan sudah masuk dalam zona merah," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00