Ini Enam Skala Prioritas yang Akan Dikerjakan Pemkot Madiun di Tahun 2021

KBRN, Madiun : Pemerintah Kota Madiun akan melaksanakan enam prioritas rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) di tahun 2021. Program kegiatan yang akan dijalankan salah satunya terkait peningkatan ekonomi kreatif. Tujuannya untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

Ungkapan itu disampaikan Walikota Madiun, Maidi disela-sela Forum Perangkat Daerah dan konsultasi publik dalam rangka rancangan awal RKPD Kota Madiun tahun 2021 dan renwal rencana kerja (renja) perangkat daerah tahun 2021 di Aston Hotel Madiun, Rabu (26/2/2020). Maidi menyatakan, enam skala prioritas itu tidak lepas dari program Panca Karya yang dicanangkannya selama memimpin Kota Madiun periode 2019-2024.

“Harapan kita kedepan yang sudah terprogramkan di enam skala prioritas, kalau kita simpulkan hasil akhirnya masyarakat Kota Madiun sejahtera. Orang hidup di Kota Madiun tidak sulit. Tidak sulit masalah pendidikan, tidak sulit dia hidup sehat, tidak sulit dia investasi. Tidak sulit dia menjalankan kebutuhan sehari-hari. Dan pembangunan harus ramah lingkungan. Itu sih salah satu kuncinya,” ungkapnya.

Keenam program prioritas yang akan dikerjakan di tahun 2021, yakni meningkatkan ketahanan ekonomi dan daya saing daerah untuk pertumbuhan berkualitas serta penurunan kemiskinan. Peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan untuk meningkatkan kualitas SDM yang berdaya saing. Kemudian pelestarian dan pengembangan budaya daerah dan pengembangan pariwisata.

Peningkatan infrastruktur untuk menopang pengembangan ekonomi daerah. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana serta peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan ketentraman serta ketertiban masyarakat. Adapun dalam RKPD Kota Madiun tahun 2021 ada 271 program dan 876 kegiatan dengan pagu anggaran sekitar Rp1,5 Triliun.

“Infrastruktur yang akan dikerjakan di tahun 2021, ada yang melanjutkan proses pembangunan di tahun 2020 yang belum selesai. Diantaranya ya Peceland dan pembangunan Ring Road Timur,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00