Rumah Gizi Aisyiyah Cirebon, Fasilitasi Keluhan Kaum Ibu dan Pasangan Usia Subur

KBRN, Cirebon : Pimpinan Daerah PD Aisyiyah Kabupaten Cirebon merespon program pusat dengan menginisiasi pembangunan "Rumah Gizi Aisyiyah" di Blok Plaosan Desa Sampiran Kecamatan Talun.

Melalui kepedulian dan donasi salah satu kader, Rumah Gizi Aisyiyah terwujud untuk mendekatkan berbagai informasi kepada masyarakat.

Ketua PD Aisyiyah Kabupaten Cirebon, Sri Ratna Istiqomah kepada RRI di sela kegiatan mengunjungi Rumah Gizi hari ini mengungkapkan Rumah Gizi Aisyiyah merupakan tempat bagi masyarakat khususnya kaum ibu dan pasangan usia subur serta remaja mencurahkan keluhan.

"Selama ini kan orang punya masalah bingung konselingnya kemana ya. Tapi kalau ada wadah mereka udah tau. Di sini banyak sekali ditemukan anak-anak dengan benjolan bahkan ada yang sudah parah. Mereka kan nggak paham," ujarnya kepada RRI, Rabu (19/2/2020).

Letak Blok Plaosan cukup jauh dari Kabupaten Cirebon dan merupakan wilayah padat penduduk dengan banyak permasalahan seperti kasus perceraian, pernikahan usia dini, serta angka drop tinggi.

Kuwu (Pemimpin Desa) Desa Sampiran Kecamatan Talun, Maman Suparman merespon positif upaya yang dilakukan PD Aisyiyah Kabupaten Cirebon melalui "Rumah Gizi Aisyiyah" untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Ia mengakui di wilayahnya belum ditemukan stunting, meski untuk kasus gizi buruk masih ada.

"Di desa kami tidak ada namun belum terpantau semua karena sebagian masyarakat merupakan pendatang yang belum pindah domisili terutama mereka yang berada di perumahan. Selain pembinaan kader posyandu, kami juga membina anggota KWT dan memberikan penguatan modal," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00