Subang Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Penyelenggara MTQ Ke-36 Tahun 2020

KBRN, Subang: Kepala Kementerian Agama Subang Abdurrohim menegaskan, Subang akhirnya secara resmi di tunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-36 2020, yang digelar pada April 2020 mendatang.

Menurut Abdurrohim, Subang mampu menyisihkan 2 kandidat tuan rumah penyelenggara MTQ Ke-36 tahun 2020, yaitu Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Bandung Barat.

"Berdasarkan SK Gubernur Jabar, Subang ditunjuk menjadi tuan rumah pemyelenggara MTQ Ke-36 tahun 2020, menyisihkan dua kandidat lainnya yakni, Kabupaten Pangandaran dan Bandung Barat," ujar Abdurrohim kepada wartawan di Subang, Selasa (18/2/2020).

Dengan menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ kata Abdurrohim, Subang harus mampu mensukseskan penyelenggaraan sebagai tuan rumah penyelenggara, sukses prestasi dan sukses administrasi.

"Kita sebagai tuan rumah penyelenggara, memiliki prinsip untuk tiga suksesi yaitu, Sukses dalam penyelenggaraan, sukse prestasi, dan juga suksea administrasi. Tentunya ketiga suksesi itu antara LPTQ, Kemenag dan Pemkab Subang, harus bersinergi untuk mensukseskannya selaku tuan rumah," tegasnya.

Menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ nanti dikatakannya, dapat menjadi keuntungan secara ekonomi bagi warga masyarakat Kabupaten Subang. Mulai dari penginapan dan hotel, kuliner, hasil produk UMKM, dan wisata.

"Karena nanti yang akan terlibat dalam MTQ itu, tidak kurang dari 5 ribu orang lebih dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Terlebih nanti pada saat pembukaan dan penutupan, diperkirakan bisa mencapai diatas 10 ribu orang, yang datang ke Subang," ungkap Abdurrohim.

Disinggung tentang persiapan Abdurrohim menyebutkan, Kemenag sudah beberapa kali melakukan persentasi terkait persiapan menjadi tuan rumah, termasuk persentasi diakhir Februari 2020 nanti. Untuk venue sendiri Subang sudah menyiapkan 14 titik venue, untuk seribu 200 ribu lebih peserta MTQ, dan 10 penginapan dan hotel, termasuk stand pameran di Lapang Bintang Subang.

"Ada 14 titik venus sudah kami siapakan, termasuk 10 penginapan dan hotel, untuk para peserta dan official, serta tamu undangan, 4 hotel di Subang Kota, dan 6 hotel di Ciater," pungkas Abdurrohim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00