ACT Purwokerto Luncurkan Program Wakaf Air Minum

KBRN, Banyumas : Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Purwokerto, Jumat (14/2/2020) siang meluncurkan program Wakaf Air Minum. Salah satu sasaranya yakni memberikan air minum bagi jamaah shalat Jumat di Masjid Darusalam, Jalan Merdeka Purwokerto. Sebanyak 10 dus air minum dibagikan bagi jamaah di masjid tersebut. 

Kepala Cabang ACT Purwokerto Andi Rahmanto mengatakan program ini, mengandeng Global Wakaf, dengan tujuan memberikan bantuan bagi masyarakat yang butuh air. Terutama bagi warga yang kurang mampu, ataupun musafir yang berada di Purwokerto. 

Selain itu untuk memberi edukasi kepada masyarakat bahwa wakaf sebenarnya bukan hanya dalam bentuk tanah atau bangunan, tetapi juga berbentuk tunai yang bisa diproduktifkan sehingga menghasilkan produk seperti Air Minum. 

Wakaf Air Minum ini, menghimpun donasi dari masyarakat, selanjutnya disebarkan kepada masjid. Menurut Andi, setelah peluncuran Program Wakaf Air Minum, selanjutnya akan menyasar kepada sekolah, pondok pesantren dan juga kampus yang ada di Banyumas. 

"Jadi kegiatan ini untuk mengenalkan kepada masyarakat, ACT ada program Wakaf Air Minum. Jadi donasinya dari masyarakat, kita salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,"kata Andi. 

Sementara itu, Humas ACT Cabang Purwokerto Hapsari menambahkan, pihaknya menyediakan air minum dalam kemasan bagi warga Banyumas dan sekitarnya untuk keperluan pengajian dan lainnya. 

Selain itu, ACT Purwokerto, akan menganti air kemasan dengan air galon yang akan di tempatkan di sejumlah masjid.

"Tentang penangulangan sampah plastik, kita akan melakukan pengisian air minum dengan galon air isi ulang. Karena dibeberapa masjid, sudah tersedia galon tersebut," kata Hapsari.

Program ini diharapkan penyalurannya bisa mencapai satu juta karton air minum wakaf per bulan, untuk masyarakat luas. Selain itu juga air minum wakaf disalurkan dalam kemasan galon untuk mendukung pengurangan sampah limbah plastik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00