HUT ke 39 Satpam, Gubernur Khofifah: Kejahatan Digital jadi Tantangan

KBRN, Surabaya : Memasuki usia 39 tahun pada 2020 ini, Satuan Pengamanan (Satpam) akan menghadapi berbagai macam tantangan tindak kejahatan, salah satunya adalah kejahatan yang berhubungan dengan digitalisasi informasi.

Dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam di gedung negara Grahadi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, turut memberikan ucapan selamat kepada mitra Polri ini.

Khofifah mengatakan, di Jawa Timur total sekitar 67 ribu personil Satpam, yang tersebar di berbagai perusahaan. Dikatakannya, Satpam akan dihadapkan pada tantangan-tantangan yang makin beragam.

"Apalagi sekarang ini tantangannya berhadapan dengan digitalisasi informasi," ujarnya kepada RRI, Rabu (22/1/2020).

Untuk itu, kata Khofifah, retraining bagi Satpam menjadi sangat penting, kalau ada tenaga kerja kebutuhannya adalah upskilling (peningkatan keterampilan) dan retraining (pelatihan kembali). Sehingga, lanjut Khofifah, keduanya bagi Satpam jadi penting.

"Supaya mereka tahu bahwa tantangan-tantangan hari ini dan yang akan datang akan sangat banyak berkait dengan makin masifnya kemungkinan kejahatan kejahatan yang bersifat penggunaan digitalisasi," terangnya.

Satpam, kata Khofifah, memiliki tugas untuk mengamankan lingkungan kerjanya. Terkait hal-hal yang terupdate dengan digitalisasi informasi, dan kemungkinan kejahatan-kejahatan yang berbasis digital, mereka harus terkonfirmasi.

"Maka seluruh penyelenggara penyelenggara jasa bagi satpam mereka harus memberikan tambahan skill bagi para Satpam yang ada di lingkungan perusahaan jasa Satpam terkait," tandasnya.

Tema HUT Satpam ke 39 tahun 2020, adalah "Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondisif dan Terjamin Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju".

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00