Program Zero Waste, Solusi Tangani Sampah Laut NTB

KBRN, Mataram : Sampah plastik jadi momok menakutkan yang menghantui perairan laut di Nusa Tenggara Barat (NTB). Permasalahan sampah di laut ini harus mendapat perhatian serius pemeriintah provinsi bersama seluruh elemen masyarakat.

“Sampah ini mengotori laut kita, terlebih sampah plastik yang sangat susah terurai dan menjadi hal yang sangat menakutkan. Tapi kita yakin dengan adanya program zero waste, persoalan sampah akan tertangani dengan baik,” kata Anggota Komisi II DPRD Provinsi NTB, Haerul Warisin di Mataram, Lombok, Selasa (14/1/2020).

Disebutkan, program zero waste ini tidak hanya menyasar persoalan sampah di darat tetapi juga sampah yang ada di lautan.

“Karenanya harus ada tempat – tempat sampah atau pusat pengolahan sampah yang bisa diadakan di kawasan pesisir,” paparnya.

Tempat pembuangan sampah atau pengolahan sampah yang berjejer di kawasan pantai dinilai berdampak positif dalam memerangi persoalan sampah.

Untuk itulah, masyarakat nelayan maupun pesisir akan dilibatkan secara aktif dalam memilah atau memilih sampah yang nantinya diolah dan memiliki nilai ekonomis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00