Sekolah Mau Roboh Ditopang Bambu, Maret 2020 Diperbaiki, Lama Sekali

KBRN, Slawi : Para pelajar Sekolah Dasar (SD) Cangkring 02 Talang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, saat ini dihantui rasa cemas dan takut dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Mengapa demikian? Karena gedung sekolah mereka kondisinya retak , rawan roboh, dan untuk mengatasinya, hanya ditopang dengan bambu. 

Ruang kelas yang retak-retak dan rawan roboh diantaranya kelas IV, Kelas VA dan VB, kondisinya cukup memperhatikan dan sudah rapuh. Dan nampak di beberapa sudut ada tiang penopang dari bambu. 

Kepala SD Cangkring 02 Talang, Cecep Arsad mengatakan, pihaknya setiap hari cemas terutama di dalam kegiatan belajar, apalagi saat ini adanya musim penghujan dengan kondisi gedung sekolah yang retak dan rawan roboh, bisa jadi ambruk. 

"Soalnya pada 2003 gedung sekolah yang dibangun sejak tahun 1975 ini juga pernah roboh, tapi cepat diperbaiki. Untuk mengantisipasi kejadian serupa pihak sekolah sudah mengajukan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, tapi akan diperbaiki tahun ini, cuma alokasinya (untuk) ruang guru," ujarnya, Selasa (14/1/2020).

Sementara itu, Pemkab Tegal merespon dengan cepat untuk melakukan perbaikan Gedung SD Cangkring 2 Talang, yang kondisinya rusak berat dan rawan roboh. Sekda Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono yang didampingi Kabid Sarpras Dikbud Winarto, Kepala Dinas Perkimtaru, BPBD, DPU, Senin kemarin meninjau langsung kondisi Gedung SD Cangkring 2 Talang. Dan setelah melihat dari dekat kondisi ruang kelas yang ditopang bambu, mereka merekomendasikan untuk segera mengosongkan 4 ruang kelas tersebut dan KBM di aula Balai Desa Cangkring. 

Ditemui RRI, Kabid Sarpras Dikbud Kabupaten Tegal Winarto menegaskan, sebenarnya SD Cangkring 2 Talang tahun ini akan mendapat rehabilitasi berupa ruang guru dengan anggaran Rp 100 juta DAK. Namun demikian, dengan adanya kejadian gedung sekolah retak dan rawan roboh, anggaran pun ditambah lewat APBD Kabupaten Tegal sekitar Rp 400 juta. 

Sedangkan untuk rehab gedung SD Cangkring 2 Talang nantinya akan dilakukan mulai Maret 2020. Demikian dipastikan Winarto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00