Retribusi Pemungutan Sampah Harap Menjadi Sumber PAD Yang Cukup Besar Di Nias Utara

KBRN, Gunungsitoli : Retribusi pemungutan sampah dari rumah-rumah warga sudah mulai di berlakukan di Kecamatan Lotu dan Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nias Utara, Temambuala Telaumbanua mengatakan, pemungutan retribusi tersebut hanya untuk 150 kepala keluarga yang sudah mendapatkan tong sampah dari pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan hidup.

Sesuai kesepakatan pemerintah bahwa yang berhak melakukan pemungutan tersebut yakni Dinas Lingkungan hidup sementara karcis di sediakan oleh BPKPAD Kabupaten Nias Utara dan besaran retribusi yang di pungut di sesuaikan dengan Peraturan daerah diteruskan peraturan Bupati Nias Utara.

“Berdasarkan data yang di himpun Dinas Lingkungan Hidup bahwa, mulai bulan Agustus 2019 ini,retribusi tersebut sudah melebihi target karena yang di rencanakan setiap bulannya  sebesar Rp 10 juta sementara kenyataan sudah mencapai Rp 12 juta,” kata Temambuala, Jumat (20/9/2019).

Menurut Temambuala, besaran retribusi pemungutan sampah tersebut bisa bertambah bila ada penambahan fasilitas dikarenakan jumlah kepala keluarga yang ingin di ambil sampahnya baik di Kecamatan Lotu dan Juga Kecamatan kahewa mencapai 500 kepala keluarga.

Temambuala berharap, agar fasilitas penanganan sampah yang masih kurang di Kabupaten Nias Utara, dapat di tambah oleh Pihak terkait sehingga nantinya menjadi sumber pendapatan asli daerah yang cukup besar di Kabupaten Nias Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00