Kementerian Kominfo RI Gelar Diskusi Publik "Hoax Ciptakan Lawan, Toleran Ciptakan Kawan"

KBRN, Minsel : Kementerian Komunikasi dan  Informatika (Kominfo) Republik Indonesia menggelar Forum Diskusi dan Sosialisasi dengan mengangkat Tema : Hoax Ciptakan Lawan, Toleran Ciptakan Kawan serta Subtema : "Kaya Dengan Perbedaan, Bahagia Dengan Persamaan, Damai Dengan Keutuhan".

Forum Diskusi dan Sosialisasi yang digelar Rabu (10/02/2019) di Sutan Raja Hotel Amurang Kabupaten Minahasa Selatan ini, guna penguatan Nilai - Nilai Pancasila di Era Teknologi Informasi yang saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet tertinggi di dunia, sehingga dengan kondisi tersebut tentunya akan memiliki dampak positif dan negatif.

Salah satu dampak negatif yang kini melanda bangsa kita adalah maraknya berita palsu (Hoax) yang miliki satu tujuan tertentu.

Berita Hoax tersebut tentu saja mengganggu terlebih jika berita tersebut menjurus  SARA  hingga ke dunia Sosial dan Politik yang dapat menimbulkan  perpecahan sesama anak bangsa.

Oleh karena itu perlu adanya peran serta dari Pemerintah maupun masyarakat untuk bersama sama memerangi berita - berita palsu atau Hoax dengan tetap berlandaskan pada Pancasila demi menjaga  Kerukunan, Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Maka dari itu Kementerian  Komunikasi dan Informatika khususnya Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) mengadakan diskusi dan sosialisasi Nilai - Nilai Pancasila di Era Teknologi Informasi demi meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Literasi dengan nggali Nilai - Nilai Pancasila dan menerapkan nya ditengah gempuran teknologi terutama  belakangan ini sangat diperlukan  penyaringan dan bijak dwlwm hala melakukan penyebaran berita.

Diharapkan, melalui kegiatan dialog dan sosialisasi ini, akan muncul peran serta masyarakat untuk menerapkan nilai - nilai Pancasila sehingga pandai dan bijak dalam penggunaan internet positif serta melakukan penjaringan  baik dalam menerima maupun ketika ingin melakukan penyebaran berita.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi Dan Komunikasi Publik (IKP) dalam sambutan disampaikan Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Sekretariat Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Menkominfo, Mediodecti Lustarini mengatakan, melawan berita tidak benar atau Hoax Kemenkominfo tidak dapat berjalan sendiri.

"Harus ada upaya Kolektif/Kolaboratif dan Masif untuk menanggulangi berita - berita Hoax," tegasnya.

Adapun Narasumber yang dihadirkan, yakni Ferry Daud Liando (Akademisi Unsrat), Dr. Ismail Cawidu (Tenaga Ahli Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Bidang Desiminasi Informasi Publik Kemenkominfo) serta anggota Komisi 1 DPR RI Jerry Sambuaga, dimoderatori Morris Polak yang diikuti ratusan peserta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00