2019 Tahun e-Kinerja Pegawai Solo, Penarik Sampah dan Satpam Diberlakukan Sama

KBRN, Surakarta: Perubahan besar-besaran dan penataan sumber daya manusia (SDM) akan dilakukan Pemkot Surakarta pada tahun ini. Seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta tahun ini bakal menerapkan sistem e-Kinerja.

"Kita sudah susun rencana perubahan. Tahun 2019 ini kita terapkan e-kinerja," tandas Wali Kota Surakarta F.X.Hadi Rudyatmo kepada wartawan di Balai kota, Rabu (02/1/2018).

Wali Kota mengatakan selain pembangunan fisik pemkot tahun 2019 fokus pembangunan SDM. Setiap pegawai yang digaji dengan anggaran pemerintah wajib menjalankan program e-kinerja. "Dengan sistem e-Kinerja ini kita dapat memantau perencanaan dan hasil yang diperoleh pegawai dalam menjalankan tugas," katanya.

E-Kinerja bagi pegawai ASN menurut wali kota sudah hal yang biasa. Oleh sebab itu e-kinerja akan menyasar tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK). Termasuk petugas penarik sampah di kelurahan dan Satpam. Rudy sapaan akrab wali kota itu mencontohkan, para penarik sampah harus absen di Kantor Kelurahan sebelum menjalankan tugas.

"Petugas akan absen jam 05.00 WIB, kembali ke kantor absen pukul 13.00 WIB setelah menjalankan tugas selama 8 jam. Kinerja mereka akan dipantau dan para lurah yang akan membuat laporan capian kinerja," jelasnya.

Terpisah Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Surakarta Rakhmat Sutomo menjelaskan, e-Kinerja adalah pengelolaan sistem kepegawaian berbasik teknologi dalam bentuk aplikasi berbasis web yang digunakan oleh Pemkot untuk mengelola dan menilai kinerja pegawai.

"E-Kinerja adalah sistem kepegawian terpadu yang dapat menentukan pengawasan sampai aktifitas pegawai hingga berujung pada penentuan besar kecilnya tunjangan karena diukur berdasarkan tugas yang dikerjakan."

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar