Ketua MPR: Hari Kesaktian Pancasila Pengingat Perjuangan Rakyat

img_20220920_wa0009.jpg

KBRN, Jakarta: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan perayaan Hari Kesaktian Pancasila dapat menjadi pengingat daya juang seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila dari Pancasila. 

"Perjuangan rakyat itu termasuk menggagalkan pengkhianatan G30S/PKI untuk menghancurkan Pancasila," kata Bamsoet kepada wartawan, Jumat (30/9/2022). Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengharapkan masyarakat memaknai Pancasila sebagai jalan hidup.

Dalam arti kata, pandangan hidup yang dapat menyatukan negara dan rakyat Indonesia. "Ini mengingat Indonesia terdiri dari beragam suku, ras, maupun agama," ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Bamsoet, peringatan Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna luhur untuk meningkatkan rasa persatuan dan patriotisme. Tak ketinggalan jiwa nasionalisme yang harus tertanam pada setiap masyarakat Indonesia. 

"Jadikan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan itu semua," ujar Bamsoet. Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menghargai dan menghormati perjuangan para pahlawan.