Pelari Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Ijen

Para pelari saat membentangkan Bendera Merah Putih sambil mengepalkan tangan di puncak Gunung Ijen. Foto: (dok. istimewa)

KBRN, Banyuwangi: Pelari mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Ijen perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Rabu (17/8/2022). Pengibaran bendera di gunung dengan ketinggian 2.769 mdpl ini dalam rangka perayaan HUT Ke-77 Republik Indonesia.  

Para pelari terdiri dari Hendri Tan, Wahyu Y, Imam Apryl, Andi, dan Hariyadi Young. Mereka berasal dari Komunitas Lari BWXplorer.

Sebelum berhasil mengibarkan bendera, mereka berlari harus menempuh jarak sejauh 45 kilometer. Mulai dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Blambangan, Selasa (16/8/2022) pukul 21:30 WIB, menuju Kawah Ijen.

Ketua Komunitas BWXplorer, Hendri Tan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada para pejuang NKRI. Serta sebagai satu dari banyak cara dalam memberikan cinta kepada Indonesia.

"Ini wujud cinta kami ke pada Indonesia. Dan cara kami dalam merayakan, sekaligus menyemarakkan HUT RI dengan berlari sejuah 45 Km," kata Hendri Tan, Rabu (17/8/2021).

Hendri Tan menambahkan, kegiatan lari dalam rangka HUT RI merupakan agenda rutin. Sebelumnya tujuan hanya sampai kawasan Gantasan lereng Gunung Ijen berhubung kawah Ijen yang masih ditutup dampak pandemi Covid-19.

"Tadi sempat terkendala dengan cuaca cukup dingin. Kami mulai naik ke puncak dari Paltuding sekitar pukul 04:30, untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Ijen," ujar Hendri Tan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar