Yogi Prastowo, Pembuat Motor Listrik dari Purbalingga

Yogi Prastowo pemuda pembuat motor listrik dari Desa Gembong, Kabupaten Purbalingga. (Foto: RRI)

KBRN, Purbalingga: Era kendaraan listrik bisa jadi sudah dekat. Maka masyarakat harus bersiap beralih ke mobil atau motor listrik.

Situasi itu membuat pemuda asal Desa Gembong di Kabupaten Purbalingga berpikir membuat kendaraan listrik sendiri. Nama pemuda itu adalah Yogi Prastowo.

Baru-baru ini Yogi berhasil menyelesaikan kendaraan listrik berupa motor. Sebagai bagian dari pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) logam di Purbalingga, ia tidak ingin hanya jadi penonton saat era kendaraan listrik tiba.

“Awalnya karena kebetulan dapat pekerjaan memodifikasi motor Kawasaki Estrella 250. Dari situ saya mulai mengembangkan pembuatan motor listrik, yang pengerjaannya makan waktu sebulan,” ujar Yogi di Pendopo Dipokusumo, Purbalingga, Jumat (12/8/2022).

Yogi lalu menjelaskan konsep motor listrik ini terinspirasi dari model majesty. Dalam proses pembuatannya mengeluarkan biaya sekitar Rp10 juta untuk satu motor listrik. 

Motor listrik yang dibuat Yogi ini nanti proses penyelesaiannya dilakukan Rainbow Moto Builder. Kebetulan perusahaan lokal itu sudah kerja sama dengan Pemkab Purbalingga.

"Terima kasih kepada Rainbow Moto Builder dan Bupati Purbalingga Ibu Dyah Hayuning Pratiwi, karena telah mendukung produk IKM logam. Semoga ini terus berkembang dan bermanfaat buat masyarakat," kata Yogi.

Rencananya Yogi Prastowo bersama IKM logam di Purbalingga dan Rainbow Moto Builder akan membuat motor listrik lagi. Motor listrik itu nanti akan dipamerkan dalan kegiatan Purbalingga Expo, Desember mendatang.

Sementara Bupati Purbalingga menyampaikan sudah saatnya para IKM logam di daerahnya bisa melakukan diversifikasi produk. Itu buat persiapan kalau pada 2030 semua kendaraan mulai beralih ke tenaga listrik.

“Maka kerja sama dengan Rainbow Moto Builder ini semoga mampu memberi manfaat bagi pelaku IKM logam di Purbalingga. Harapannya mereka bisa memproduksi motor listrik untuk kebanggaan bangsa Indonesia,” ujar Bupati Dyah.*(GIN/spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar