Antisipasi Pelecehan, Bus TransJakarta Segera Dipasangi Pengindentifikasi Wajah

Direktur Operasional dan Keselamatan PT TransJakarta, Yoga Adiwinarto. (Foto: RRI/Penta K Maydita)

KBRN, Jakarta: PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan memasang kamera pengawas atau CCTV (Closed Circuit Television) di dalam armada bus. Kamera tersebut mampu mengidentifikasi wajah sebagai upaya mengantisipasi pelecehan seksual. 

Peningkatan kualitas CCTV tersebut sangat diperlukan karena adanya kendala dalam mengidentifikasi wajah pelaku kejahatan di bus TransJakarta. Terlebih ketika semua orang tengah memakai masker di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. 

"Siapa orang tersebut? Karena itu, ke depan kami akan tingkatkan," ujar Direktur Operasional dan Keselamatan PT TransJakarta, Yoga Adiwinarto, Jumat (5/8/2022). 

Peningkatan kualitas CCTV ini akan dilakukan secara bertahap. Selain dalam armada bus TransJakarta, CCTV juga akan dipasang di beberapa halte TransJakarta.

 "Jadi nanti di beberapa halte akan mulai dipasang. Sebenarnya, halte-halte kami dan juga di bus itu sudah tidak ada lagi 'blindspot' yang semua area itu pasti ketahuan dari CCTV," kata Yoga.

Dengan adanya teknologi tersebut diharapkan pelaku kejahatan seksual yang berkeliaran dengan memakai masker dapat teridentifikasi dan segera ditangkap. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar